Mengakali Rambut Lepek Saat Tak Sempat Keramas
Ilustrasi (Yoann Boyer/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut lepek sepertinya jadi musuh semua wanita. Bagaimana tidak, perkara rambut tidak mengembang sempurna dan jadi terlihat kempes plus berminyak memang memengaruhi penampilan. 

Untuk itu, istilah bad hair day itu memang banyak dialami oleh banyak wanita. Gara-gara rambut kurang oke, mood bisa hancur seharian. Bahkan, ada juga yang sampai malas untuk berkaca dan ketemu orang karena merasa penampilan hari itu jadi kurang maksimal. 

Cara mengatasi rambut lepek yang paling benar memang keramas lalu blow dry. Tapi terkadang tak sempat cuci rambut karena sibuk atau memang karena kegiatan banyak di luar ruangan, siang-siang rambut sudah lepek duluan.

Lalu, ada tidak cara mudah untuk mengakali rambut lepek tanpa harus langsung keramas? Pastinya ada! Beberapa cara berikut bisa Anda jadikan andalan ketika rambut sudah mulai kempes dan tidak oke lagi. 

Dry shampoo

Buat Anda yang aktivitas sehari-harinya banyak di luar ruangan, coba biasakan membawa produk dry shampoo dalam tas. Kalau sudah area poni dan sekitarnya mulai berminyak, tinggal semprot dan rambut jadi lebih mengembang seperti baru habis di blow.

Ganti belahan rambut

Sibuk sekali sampai tak ada waktu untuk mengakali rambut lepek? Cara paling gampang ya mengubah belahan rambut. Biasanya ke kiri, bisa Anda ganti ke kanan atau bikin semuanya ke arah belakang dan tahan pakai bobby pins alias jepit nenek. 

Gaya rambut kepang

Rambut sudah super lepek tapi masih harus tampil rapi karena ada meeting dengan klien atau wawancara kerja? Langsung saja bikin gaya rambut kepang yang praktis dan rambut lepek akan langsung tertolong. Anda bisa membuat kepang dari akar atau dari setengah rambut pun tidak masalah. Lakukan sebisanya saja yang penting cukup terlihat rapi. 

Ikat atau cepol 

Tidak bisa bikin kepang rambut sendiri? Yang tak kalah cepat dan mudah yaitu mengikat rambut dengan model kuncir kuda atau dicepol saja. Kalau bagian bawah rambut tidak ikut lepek, Anda juga bisa bikin half bun yang kekinian. 

Pakai aksesori rambut 

Rambut sering banget lepek? Mungkin Anda sudah harus rutin bawa aksesoris di tas buat mengatasinya. Bisa jepitan, kunciran, bandana, bando, topi, atau scarf kecil buat dililit di rambut. Ini akan sangat menolong dan penampilan kamu tetap keren seharian.