Bagikan:

YOGYAKARTA – Maizena adalah tepung lembut yang terbuat dari biji jagung dan biasanya dipakai untuk pengental hidangan berkuah serta salah satu bahan kue bolu dan donat. Tetapi menurut ahli trikologi, atau ahli rambut, cornstarch atau dikenal dengan tepung maizena bermanfaat mengatasi rambut berminyak dan lepek.

Menurut Meerika Khanna, ahli trikologi bersertifikat, tepung maizena adalah alternatif perawatan efektif untuk produksi sebum berlebih, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut berminyak. Tepung ini bersifat penyerap minyak yang luar biasa sehingga membantu mengontrol kelebihan sebum. Ahli trikologi Megan Brooks juga menambahkan, tekstur tepung maizena yang halus bisa berfungsi sebagai spons. Keluhan yang kerap dialami kulit kepala dan rambut berminyak, adalah rambut lepek. Nah, tepung maizena bisa mengatasi keluhan ini.

Jangan salah menganggap tepung maizena akan membuat kepala gatal setelah memakainya sebagai sampo kering. Justru tepung maizena meredakan iritasi dan gatal, mengunci kelembapan, menambah volume rambut, dan bebas bahan kimia.

tepung maizena bermanfaat mengatasi rambut berminyak dan lepek
Ilustrasi tepung maizena bermanfaat mengatasi rambut berminyak dan lepek (Freepik)

Meskipun tidak ada tepung maizena yang khusus dibuat untuk perawatan rambut, Anda tetap bisa memakai tepung maizena di dapur. Anda bisa memakai tepung maizena sebagai alternatif pengganti sampo kering. Namun, perhatikan sejumlah pertimbangan sebelum langsung memakainya pada rambut berminyak dan lepek.

Tepung maizena bisa membantu rambut Anda terlihat lebih bervolume. Dengan menaburkan sedikit tepung maizena ke akar rambut dan memijat kulit kepala, rambut akan terangkat dan bervolume. Untuk Anda yang memiliki rambut bergelombang dan keriting, tekstur tepung maizena membantu menjaga struktur rambut dan membuat rambut Anda mudah ditata. Namun tepung maizena tidak cocok untuk setiap jenis kulit kepala atau setiap orang.

Jika kulit kepala Anda kering, terinfeksi, atau rentan ketombe, hindari memakai tepung maizena untuk mengatasi keluhan rambut lepek dan rambut berminyak. Khanna memperingatkan, sifat tepung maizena dapat menyerap kelembapan sehingga buruk untuk rambut kering. Hindari pula mengaplikasikan tepung ini bagi Anda pemilik kulit kepala sensitif.

tepung maizena bermanfaat mengatasi rambut berminyak dan lepek
Ilustrasi tepung maizena bermanfaat mengatasi rambut berminyak dan lepek (Freepik/Azerbaijan_stockers)

"Kulit kepala yang sensitif dapat bereaksi negatif terhadap penumpukan produk atau penggunaan yang tidak tepat, sehingga memerlukan pengaplikasian yang hati-hati dan pelepasan yang menyeluruh untuk mencegah ketidaknyamanan," pesan Khanna dilansir Byrdie, 20 Mei.

Untuk rambut ikal yang rapat, mungkin semakin kesulitan mengatur rambut kalau harus mengaplikasikan tepung maizena secara merata. Jadi jelas Brooks, mengaplikasikan tepung maizena pada rambut ikal yang rapat hasilnya bisa nggak merata dan sulit mencapai hasil efektif.

Terdapat sejumlah cara mengaplikasikan tepung maizena untuk manfaat maksimal pada rambut. Pertama, untuk membuat rambut bervolume, campurkan tepung maizena dengan kondisioner. Aplikasikan campuran tersebut di area rambut yang ingin terlihat bervolume. Kemudian, bias hingga bersih.

Kedua, untuk mengurangi rambut kusut pada hari yang lembap, bilas rambut dengan tepung maizena dicampur air sehingga membentuk larutan cair. Pakai campuran ini setelah keramas dan menggunaan kondisioner. Ini berfungsi mengendalikan rambut kusut secara alami, jelas Khanna.

Ketiga, aplikasikan tepung maizena sebagai sampo kering untuk mengontrol rambut berminyak. Untuk menggunakannya, saran Brooks, urai rambut dan sisir dengan lembut. Mulailah dengan sedikit tepung maizena, sekitar satu sendok teh atau tergantung seberapa tebal dan panjang rambut Anda. Tuangkan tepung maizena pada tangan, gunakan jari untuk meratakan tepung sambil pijat lembut akar rambut. Aplikasikan pada area yang cenderung berminyak.

Penting dicatat, tepung maizena tidak memiliki khasiat penyembuhan dari masalah rambut. Artinya, perawatan rambut dengan tepung maizena tidak dapat mengatasi kulit kepala kering, hanya membantu mengatasi rambut berminyak dan menambah volume rambut lepek.