Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk mendapatkan hasil baking dengan tekstur ideal, ternyata perlu mencampur dua macam tepung yang berbeda atau lebih. Nah, sebagai alternatif tepung gluten free untuk kue, berikut rekomendasinya.

1. Tepung beras merah

Tepung beras merah bisa dicampurkan dengan tepung serbaguna skala 1:1 untuk menghasilkan tekstur dan rasa “seperti gandum”. Tetapi karena tekstur tepung beras merah lebih padat dan berpasir, cocok dipadukan dengan tepung pati yang lebih ringan. Seperti tepung kentang dan tepung maizena.

tepung gluten free untuk kue
Ilustrasi tepung gluten free untuk kue (Freepik)

2. Tepung beras putih

Tepung beras putih, tekturnya lebih lembap. Tepung gluten free untuk kue ini, paling baik bila dicampur dengan tepung bebas gluten lainnya.

3. Tepung almond

Tepung almond adalah jenis tepung gluten free yang cocok untuk kue. Terbuat dari kacang almond yang direbus lalu digiling dan disaring lalu dikeringkan. Inilah sebabnya mengapa tepung almond memiliki tekstur yang halus, ringan, dan warna keemasan. Tepung almond sering dipakai untuk membuat kue dengan rasa lebih lembut dan cenderung mudah mengembang saat dipanggang dengan baik. Bahkan tepung almond merupakan tepung bebas gluten yang paling baik untuk pembuatan kue tanpa telur.

tepung gluten free untuk kue
Ilustrasi tepung gluten free untuk kue (Freepik/rudoelena)

4. Tepung jagung

Secara teknis, pati berasal dari jagung ini, sering disebut maizena. Dalam resep bikin kue, biasanya dipakai untuk berbagai jenis dessert yang lembut. Seperti puding, kolak, vla isian pie.

5. Tepung tapioka

Tepung tapioka, kalau dipakai bahan kue biasanya menghasilkan tekstur lengket dan elastis. Maka paling memungkinkan dipakai membuat kue dengan bentuk tipis sehingga tetap solid atau tidak mudah patah.

tepung gluten free untuk kue
Ilustrasi tepung gluten free untuk kue (Freepik/Azerbaijan_stockers)

6. Tepung kentang

Tepung kentang bekerja dengan baik saat dipakai baking kue-kue bertekstur ringan. Misalnya kue beraroma vanila. Tetapi biasanya perlu dicampur dengan tepung bebas gluten lainnya, termasuk tepung almond.

7. Tepung sorghum

Tepung sorghum bisa menjadi alternatif pengganti tepung oat. Meski teksturnya sedikit lebih berpasir dan kurang mengikat, tetapi menghasilkan rasa manis dan empuk. Melansir Minimalist Baker, Selasa, 16 Juli, sorghum kurang memiliki kemampuan mengikat jadi harus dipadukan dengan tepung tapioka yang bersifat menyatukan dan elastis.

8. Pati garut

Pati garut diekstraksi dari tanaman tropis yang banyak tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Biasanya dipakai bergantian dengan tepung tapioka dan maizena. Pati garut, kurang elastis dibanding tapioka tetapi lebih elastis dibanding maizena. Maka paling pas untuk campuran agar-agar, puding, atau kue lainnya yang diproses dengan digoreng.

Melalui daftar alternatif tepung gluten free untuk roti di atas, Anda bisa bereksperimen saat baking dengan menggunakan referensi di atas.