Bagikan:

YOGYAKARTA - Kebanyakan dari para pemula masi suka bingung dengan tepung sagu dan tepung tapioka, banyak yang mengira sama, padahal sih berbeda. Oleh karena itu, kali ini kita bakal membahas beda tepung sagu dan tapioka di sini. Simak sampai selesai, ya!

Walaupun keduanya berasal dari sumber pati, yakni umbi-umbian, namun terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Apakah kalian dapat membedakan tepung sagu serta tapioka cuma dari melihat ataupun memegangnya? Bila belum tahu apa perbedaan keduanya, ikuti pembahasan berikut ini, mari!

Beda Tepung Sagu dan Tapioka

I. Fungsi

Tepung sagu serta tapioka mempunyai peranan yang nyaris sama dalam masakan, yakni memberi tekstur lengket, kenyal serta elastis saat diangkat pada adonan basah. Sebaliknya buat adonan seperti membuat kue kering, keduanya mempunyai fungsi memberikan tekstur keras, tetapi renyah serta lembut ngeprul di mulut. Tepung tapioka pula kerap jadi bahan pengental buat masakan yang ditumis ataupun memerlukan kuah kental.

II. Penggunaan

Dalam pembuatan makanan, tepung sagu mungkin lebih umum digunakan untuk membuat papeda, kapurung, mutiara, pempek, bakso, kue sagu, selendang mayang serta yang lain. Sebaliknya tapioka digunakan untuk membuat cilok, cireng, cimol, bakso, ronde, serta kerupuk. Tepung sagu ataupun tapioka pula dapat diolah jadi kue kering semprit. Tetapi biasanya untuk berbagai kue basah, tepung tapioka lebih kerap digunakan.

III. Ketersediaan di Pasar

Biasanya tepung tapioka lebih gampang ditemui serta didapatkan di pasar ataupun toko-toko kecil di pedesaan sebab distribusinya lebih banyak di berbagai daerah terutama di Pulau Jawa. Buat sebagian wilayah semacam Maluku serta Papua bisa jadi tepung sagu cenderung gampang ditemui seperti halnya tepung tapioka.

IV. Bahan Dasar

Tepung sagu dibuat dari pohon sagu, sebaliknya tepung tapioka dibuat dari singkong. Tepung sagu terbuat dari endapan pati batang sagu yang sebelumnya telah dihaluskan serta dicampur air. Pada saat endapannya diambil serta dijemur ataupun dikeringkan, maka jadilah tepung sagu. Sebaliknya tepung tapioka, ialah hasil dari pengeringan pati singkong.

V. Tekstur serta Warna

Dilihat dari penampilan tepung sagu serta tapioka bisa jadi sama-sama putihnya tetapi tepung tapioka memiliki warna putih bersih sedangkan tepung sagu rupanya lebih keruh ataupun kekuningan. Secara terkstur, tepung sagu cenderung kering serta kesat bila dipegang oleh tangan sebaliknya tepung tapioka mempunyai tekstur kering serta licin. Satu hal yang membuat tepung sagu ataupun tapioka sama yaitu jenisnya yang sama-sama bebas gluten (gluten free) sebab termasuk jenis tepung pati.

Itu dia perbedaan tepung sagu serta tepung tapioka. Jadi jangan salah mengira jika keduanya tepung yang sama ya!

Macam-macam tepung (Gambar Pikisuperstar-Freepik)
Macam-macam tepung (Gambar Pikisuperstar-Freepik)

Pengganti Tepung Sagu dan Tapioka

1. Tepung Garut

Garut bukan hanya nama kota, Loh!. Garut merupakan pengganti tepung sagu serta tapioka yang bagus pada saat digunakan selaku bahan pengental ataupun kombinasi kue.

Garut merupakan umbi bertepung bebas gluten yang dibuat dari tumbuhan Maranta arundinacea. Melansir dari Journal of Food Science and Technology, tepung garut sangat mirip dengan tepung tapioka serta bisa diganti dengan rasio 1: 1 buat sebagian besar hidangan.

2. Tepung Beras

Tepung beras jadi alternatif bebas gluten yang dapat jadi pilihan buat tepung sagu serta tapioka. Tepung ini dibuat dari butiran beras yang digiling halus serta mempunyai rasa yang sangat ringan serta tidak mengganggu rasa akhir.

Tepung beras umumnya lebih lengket serta mempunyai kekentalan yang lebih kuat daripada tepung tapioka. Oleh karena itu, penggunaannya perlu disesuaikan, maksudnya dikurangi dari resep seharusnya.

3. Tepung Jagung

Tepung jagung jadi pengganti tepung tapioka ataupun sagu yang gampang didapatkan. Umumnya tepung jagung pula diketahui dengan nama tepung maizena. Tepung jagung juga bebas gluten yang buatnya sangat sesuai digunakan buat memasak. Tetapi, tepung jagung umumnya lebih kental daripada tepung tapioka.

4. Tepung Kentang

Tepung kentang pula termasuk bebas gluten serta bisa mengambil alih tepung sagu serta tapioka. Tetapi, konsistensinya cenderung lebih berat serta dapat menghasilkan makanan yang lebih padat, tergantung yang kalian masak.

5. Tepung Serbaguna

Tepung serbaguna bisa menggantikan tepung sagu serta tapioka dengan perbandingan 1:1 di sebagian besar resep. Teksturnya memanglah cukup berbeda bergantung buat apa kalian memakainya?

Hasil akhir tepung tapioka cerah serta mengilap saat digunakan selaku pengental buat saus ataupun sup.

Selain itu kalian juga perlu membaca soal: “Tepung Tanpa Gluten untuk Diet dan Kesehatan Kamu”.

Jadi setelah mengetahui beda tepung sagu dan tapioka, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!