Bagikan:

YOGYAKARTA - Tepung-tepungan sedari zaman dahulu merupakan bahan makanan yang bisa dibilang cukup pokok di beberapa negara. Namun tahukah kalian kalau jenis tepung rupanya ada banyak? Yuk kita bahas jenis-jenis tepung di bawah ini!

Alasannya, tiap-tiap tepung digunakan untuk membuat masakan yang berbeda, sehingga bila Kalian belajar masak, Kalian perlu mengenali tipe tepung ini.

Pasti tidak pas bukan bila gara-gara salah tepung, Kalian malah membuat kue terong sementara itu inginnya membuat terong krispi? Oleh sebab itu, ayo ketahui macam-macam jenis tepung berikut ini:

Jenis-jenis Tepung

I. Tepung Sagu

Seperti namanya, tepung sagu merupakan bahan masakan yang dibuat dari ekstrak pati tumbuhan sagu. Tekstur bahan yang satu ini sangat mirip dengan tapioka, maka dari itu tidak heran bila keduanya dapat digunakan secara bergantian.

Tepung sagu tidak cuma dijual dalam wujud padat, namun pula dapat diolah jadi agak cair serta lengket semacam bubur buat dimakan bersama dengan ikan rebus ataupun goreng. Bahan ini banyak dipakai buat bahan masakan khas Indonesia timur, seperti papeda, kue sagu ataupun kue bika ambon.

II. Tepung Ketan

Jenis tepung yang pertama yakni tepung ketan yang dibuat dari beras ketan (glutinous rice). Beras ketan sendiri ialah tipe beras yang biasanya ditemui di Asia Tenggara serta Asia Selatan. Maka dari itu, tidak heran bila beras lengket ini biasanya digunakan untuk membuat kuliner khas negara-negara yang berada dalam wilayah ini, termasuk bubur ketan hitam khas Indonesia.

Walaupun sama-sama rice flour, bahan yang satu ini berbeda dengan tepung beras di atas. Cita rasa makanan yang dibuat dari bahan ini biasanya lengket. Contoh jajanan yang dibuat dari bahan ini antara lain, onde-onde, kue gandos, kue tok serta masih banyak lainnya.

III. Tepung Kentang

Bahan lain yang dapat dibuat untuk jadi tepung yaitu kentang. Tepung kentang terbuat dengan metode melumatkan kentang dengan air berulang kali untuk memperoleh sel dari tanaman ini. Bila Kalian tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, Kalian dapat memasukkan irisan kentang yang bersih ke dalam blender, kemudian mengambil hasil saringan dari adonan tersebut buat disaring beberapa kali dengan air serta dikeringkan.

Tepung kentang umumnya digunakan untuk membuat kue, semacam donat kentang serta buat mengentalkan adonan pada sup. Di sisi lain, tepung kentang pula disebut-sebut mempunyai khasiat kesehatan, seperti meningkatkan sensitivitas hormon insulin serta melancarkan pencernaan.

IV. Tepung Ubi Jalar

Di kebun rumah Kalian banyak tumbuhan ubi jalar? Daripada tidak dimasak, mending Kalian pakai untuk membuat tepung ubi jalar. Walaupun kurang terkenal, tetapi bahan yang satu ini dapat digunakan selaku pengganti tepung terigu untuk membuat kue-kue, semacam kue bolu karamel ataupun bolu coklat.

Metode membuatnya pula terbilang gampang. Kalian tinggal membersihkan ubi jalar dari kulitnya serta getahnya, potong kecil-kecil, kemudian direndam dengan cairan metabisulfit, sehabis itu dikeringkan serta digiling ataupun ditumbuk sampai halus.

(Gambar Tepung-Jordane Mathieu=Unsplash)
(Gambar Tepung-Jordane Mathieu=Unsplash)

V. Tepung Sorghum

Sorghum merupakan tumbuhan berbiji yang biasanya digunakan untuk membuat sereal. Sama seperti bahan yang memiliki karbohidrat lainnya, tumbuhan ini pula dapat digunakan untuk membuat tepung dengan cara dilumatkan serta diambil sarinya. Walaupun kurang umum diterapkan di Indonesia, tepung yang satu ini mempunyai banyak khasiat kesehatan, seperti buat menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan sampai menolong mengontrol tekanan darah.

VI. Tepung Panir

Bila beberapatipe tepung di atas dibuat dari bahan-bahan alami yang dikeringkan secara langsung, maka tidak dengan tepung panir. Bahan ini dibuat dari roti tawar yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Umumnya bahan ini digunakan buat melapisi makanan-makanan krispi, semacam nugget, risoles, serta lain sebagainya.

VII. Tepung Terigu

Tepung terigu dibuat dari daging gandum yang sudah dibersihkan serta digiling. Kata terigu sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Portugis trigo yang berarti gandum. Menurut kandungan proteinnya, bahan makanan yang satu ini dibagi jadi 3 jenis, yaitu:

Terigu protein tinggi. Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat makanan dengan tekstur yang kenyal serta elastis, semacam pasta serta mie instan.

Terigu protein sedang. Dengan kandungan protein 10%-12% tipe terigu yang satu ini digunakan untuk membuat banyak kuliner serbaguna, semacam kue kacang kering, jajanan pasar ataupun martabak.

Terigu protein rendah. Dengan kandungan protein dibawah 10%, bahan yang satu ini umumnya digunakan untuk membuat makanan yang renyah, semacam aneka gorengan serta masih banyak lagi.

VIII. Tepung Beras

Cocok dengan namanya, tepung beras ataupun rice flour merupakan merupakan tipe bahan santapan yang dibuat dari beras yang digiling ataupun ditumbuk. Kerap digunakan buat membuat bermacam jajanan tradisional khas Indonesia, rice flour pula sesuai buat orang yang mempunyai intoleransi gluten dari terigu.

Sebagian kuliner khas Indonesia yang dibuat dari tepung ini antara lain, cendol, kue talam, kue lapis, lumpur surga, bubur sumsum serta masih banyak lainnya. Tidak cuma kuliner, tepung beras acap kali juga jadi campuran masker alami buat wajah.

IX. Tepung Tapioka

Tepung tapioka ataupun tapioca starch merupakan tepung yang dibuat dari ekstraksi pati ubi kayu. Metode buatnya yaitu singkong yang sudah dicuci bersih diparut, kemudian digilas serta diperas memakai air bersih. Berikutnya, air sisa perasan tersebut disaring buat menghilangkan ampas serta diendapkan. Kemudian, buang air bekas endapan dan keringkan pati ataupun ampas yang tersisa.

Beberapa jenis makanan yang dibuat dari bahan ini antara lain, bakso ayam serta sapi, batagor, serta kuliner yang memakai istilah aci, semacam cireng (aci goreng), cilok (aci dicolok) serta cimol (aci digemol ataupun dibulatkan).

X. Tepung Jagung

Tepung yang berasal dari jagung dibagi jadi 2 jenis, yakni tepung jagung (corn flour) serta tepung maizena (corn starch). Perbedaan antara keduanya yaitu, tepung jagung dibuat dari biji jagung utuh yang digiling. Tepung tipe ini mempunyai warna serta rasa sama seperti jagung pada umumnya dan mempunyai kandungan gizi yang lebih banyak. Umumnya, bahan ini digunakan selaku pengganti terigu untuk membuat kue.

Ada pula tepung maizena (corn starch) dibuat dari endosperma ataupun pati jagung. Rupanya cenderung putih serta kaya dengan karbohidrat. Berbeda dengan corn flour, corn starch biasanya digunakan selaku bahan pengental masakan berbasis air, seperti sup ataupun saus. Tidak hanya itu, bahan ini pula dapat digunakan untuk melembutkan sponge cake serta membuat renyah kue kering serta fried chicken.

Selain itu, kerap dianggap sama, ternyata ini “Beda Tepung Sagu dan Tapioka” yang kerap dianggap orang sama.

Jadi setelah mengetahui jenis-jenis tepung, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!