Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap jenis makanan manis, memiliki resep dan bahan yang berbeda dalam proses pembuatannya. Roti dan kue, juga memiliki perbedaan mendasar mengenai dua hal tersebut. Tetapi tak sedikit orang masih keliru dalam membedakan dua makanan berbahan dasar tepung ini. Di Eropa, roti adalah makanan pokok yang diproses dengan dipanggang. Namun seperti di Indonesia, ada jenis roti yang diolah dengan dikukus.

Roti telah ada sejak 30.000 tahun yang lalu sehingga termasuk jenis makanan tertua. Roti memiliki bagian luar yang cokelat, atau disebut kerak, sedangkan bagian dalamnya lembut. Beda dengan kue yang luarnya lembut dan termasuk hidangan penutup, bukan makanan pokok seperti roti.

perbedaan roti dan kue
Ilustrasi perbedaan mendasar roti dan kue (Freepik)

Kue disantap pada acara-acara tertentu. Seperti saat ulang tahun, lebaran, natal, tahun baru, dan perayaan lainnya. Bahan normal dalam pembuatan kue, antara lain tepung, gula, telur, mentega, dan minyak. Tergantung jenis kue yang dibuat, bahannya sangat beragam. Misalnya, untuk butter cake, harus ditambahkan baking powder, garam, susu, yoghurt, dan esens vanila. Beberapa jenis kue juga dihias setelah bagian intinya matang.

Soal bahan roti, juga banyak sekali variasi bahannya. Namun bahan dasarnya tetap tepung dan air dengan tambahan ragi atau bahan beragi lainnya. Bahan roti, tampaknya lebih sederhana dibandingkan kue. Karena kue harus menciptakan tekstur lembut luar dan dalam sehingga memakai telur, mentega, krim perasa, dan gula serta air.

Perbedaan roti dan kue selanjutnya, dilihat dari dekorasi. Biasanya, roti tidak pernah didekorasi hanya saja dibentuk sebelum matang dipanggang atau dikukus maupun digoreng. Sedangkan kue, ada banyak cara mendekorasinya. Mulai dari menaruh icing, frosting, menggunakan taburan untuk hiasan. Ada pula menggunakan pewarna dengan buah-buahan atau pewarna makanan untuk menciptakan kesan yang menyenangkan.

Selanjutnya, perbedaan roti dan kue dilihat dari jenisnya. Ada berbagai jenis roti, seperti roti gandum, roti putih, roti cokelat, roti kukus, dan roti goreng. Untuk kue, umumnye memiliki jenis seperti kue mentega, kue cokelat, kue bolu, dan kue buah.

Nah, lebih penting lagi dipahami perbedaan roti dan kue terletak dari tingkat kalorinya. Melansir Difference Between, Rabu, 17 Juli, sepotong roti berukuran biasa, umumnya mengandung 69 kalori. Sedangkan kue, untuk jenis kue cokelat dengan frosting cokelat, satu potongnya mengandung 235 kalori.