Bagikan:

YOGYAKARTA - Jajanan pasar identik dengan makanan khas yang bisa dibilang tradisional dan begitu-begitu saja. Namun sebenarnya ada loh aneka jajanan pasar modern kekinian yang bisa kalian temukan. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini ya!

Aneka Jajanan Pasar Modern

Zaman makin berkembang tentunya jajanan pasar juga makin mengikuti perkembangan zaman selera para produsen. Berikut beberapa contoh makanan modern kekinian yang bisa kita jumpai di beberapa pasar.

I. Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan pasar modern yang menawarkan kenikmatan dalam setiap gigitan. Berupa bulat serta mungil, kue cubit umumnya disajikan dengan beragam pilihan topping, semacam coklat, meses, ataupun keju. Rasanya yang lembut serta manis membuatnya sering laku di pasar.

II. Donat Unik

Ilustrasi Donat Unik (Gambar Annie Spratt-Unsplash)
Ilustrasi Donat Unik (Gambar Annie Spratt-Unsplash)

Donat bisa jadi sudah akrab di telingamu, tetapi jajanan pasar modern membawa konsep donat ke level selanjutnya. Kalian dapat menciptakan donat dengan bermacam wujud serta topping yang unik, semacam donat berupa hewan, rainbow donat, serta donat dengan taburan cereals. Rasanya? Tentu tidak kalah lezat!

III. Kopi Tubruk

Bila kalian suka kopi, jangan lewatkan kopi tubruk. Ini merupakan tipe tradisional kopi khas Jawa yang tetap terkenal sampai saat ini. Rasanya kuat, gurih, serta menghangatkan. Banyak pedagang jajanan pasar modern yang menawarkan kopi tubruk dengan sentuhan unik.

IV. Pisang Nugget

Kalian tentu tahu pisang, tetapi bagaimana jika pisang diolah jadi nugget? Pisang nugget merupakan jajanan pasar modern yang tidak cuma unik, tetapi juga enak. Potongan pisang dibalut dengan adonan tepung yang renyah serta gurih. Ditambah dengan saus cokelat ataupun keju di atasnya, rasanya betul-betul menggoda.

V. Martabak Manis

Martabak manis merupakan sajian manis yang jadi kesukaan banyak orang. Dibuat dari adonan tipis yang dipanggang, martabak manis dapat kalian isi dengan bermacam pilihan, mulai dari cokelat, keju, kacang, sampai buah-buahan. Tidak hanya itu, ada martabak mini yang sesuai buat cemilan.

VI. Roti Bakar

Roti bakar bisa jadi sudah kalian kenal, tetapi di jajanan pasar modern, kalian bakal menemukan bermacam-macam varian rasa yang tidak terbatas. Mulai dari roti bakar dengan selai cokelat, keju, sampai topping buah-buahan segar. Kalian dapat memilah sesuai selera.

Jadi, saat kalian mau mencari cemilan yang berbeda dari umumnya, jajanan pasar modern merupakan pilihan yang pas. Kalian dapat menjelajahi bermacam cita rasa yang kreatif serta unik. Selamat mencoba, serta nikmati kelezatan jajanan pasar modern!

Resep Aneka Jajanan Pasar Kekinian

Tentunya kurang lengkap jika kita membahas soal makanan tanpa memberikan sedikit resep bukan? Agar kalian bisa membuat jajanan kekinian modern di rumah, berikut ada 2 resep yang bisa kalian aplikasikan.

1. Risol Mayo

Siapa tidak kenal dengan jajanan pasar kekinian satu ini. Risol mayo jadi salah satu jajanan paling terkenal yang disukai oleh banyak orang. Rasa mayo yang asam manis segar, ditambah potongan telur rebus serta daging asap, serta dibalut kulit crispy. Wah... enak nyo! Berikut resep risol mayo.

Bahan Utama:

  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu jamur
  • 200 gr terigu
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 200 ml susu cair
  • 350 ml air

Isian:

  • 3 butir telur rebus
  • 3 lembar daging asap
  • 200 gr mayonaise
  • Keju cheddar secukupnya

Bahan Pelapis:

  • 3 sendok makan terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung panir ataupun breadcrumbs secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masukkan terigu, tapioka, serta garam dalam suatu wadah kemudian aduk rata.
  2. Masukkan telur, susu, serta air sedikit demi sedikit. Kemudian aduk rata dengan hand whisk sampai rata. Setelah itu, masukkan minyak goreng, aduk rata kembali.
  3. Siapkan wajan anti lengket, nyalakan api kecil, sehabis panas masukkan 1 sendok sayur adonan ke teflon, cetak dadar tipis-tipis serta goyangkan teflon, tunggu hingga pinggirannya kering, kemudian angkat, lakukan hingga adonan habis. Kulit risol sudah jadi.
  4. Ambil 1 lembar kulit risol, masukkan keju, telur, sosis serta 1 sendok makan mayonaise, kemudian lipat. Ulangi proses yang sama hingga bahan dan kulit risol habis.
  5. Celupkan risoles ke larutan terigu dan telur, kemudian gulingkan ke tepung panir.
  6. Siapkan wajan berisi minyak, goreng risol hingga matang, kemudian angkat serta tiriskan.
  7. Risol mayo siap disajikan dengan cocolan saus sambal.

2. Kue Lumpur

Umumnya, kue lumpur bercorak cokelat kuning dengan isian kismis, tetapi saat ini terdapat pula kue lumpur warna ungu sebab memakai kombinasi taro/ubi ungu ataupun kue lumpur merah yang memakai kombinasi red velvet. Berikut resep kue lumpur taro.

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 100 ml santan kental
  • Garam serta vanili secukupnya
  • 250 gr ubi ungu, kukus serta haluskan
  • 125 gr gula pasir
  • 65 gr margarin, lelehkan
  • 75 gr tepung terigu

Cara Membuat:

  1. Kocok telur, gula, garam, serta vanili sampai tercampur rata.
  2. Masukkan ubi ungu yang telah dikukus serta dihaluskan, kemudian mixer dengan kecepatan rendah.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata sampai tidak terdapat yang menggumpal.
  4. Tambahkan santan, aduk rata. Kemudian masukkan margarin cair.
  5. Panaskan cetakan lumpur, olesi dengan mentega tipis-tipis.
  6. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan. Panggang sebentar hingga mulai mengering.
  7. Tutup cetakan, panggang hingga matang.
  8. Bila sudah matang, angkat serta sajikan selagi hangat. Kalian pula dapat menambahkan topping parutan keju bila suka.

Selain itu buat kalian perlu tahu “7 Jajanan Lebaran yang Digoreng, Mudah Diolah dan Renyah”.

Jadi setelah mengetahui aneka jajanan pasar modern, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!