7 Jajanan Lebaran yang Digoreng, Mudah Diolah dan Renyah
Ilustrasi jajanan lebaran yang digoreng, mudah diolah, dan renyah (Freepik/Wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berbagai jenis jajanan lebaran, dari kue hingga biskuit, camilan yang digoreng dan renyah jadi pilihan. Biasanya, jajanan yang digoreng ini, dipilih karena kemudahan dalam mengolahnya dan memiliki bahan mudah didapat. Berikut, referensi jajanan lebaran yang digoreng.

1. Kembang goyang wijen

Dianggap sebagai jajanan jadul, karena dari tahun 90-an, kembang goyang wijen senantiasa menghias stoples-stoples ketika lebaran. Kalau Anda mencari jajanan lebaran yang digoreng, kembang goyang wijen bisa jadi alternatif pilihan.

Kembang goyang, berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka. Ketiga jenis tepung ini ukurannya sama, dicampurkan dengan gula pasir, biji wijen, telur, dan sedikit air. Saat adonan tercampur dengan konsistensi kental, siap dicetak dalam minyak goreng panas.

jajanan lebaran yagn digoreng
Ilustrasi jajanan lebaran yang digoreng (Shutterstock)

2. Kue bawang gunting

Kue bawang ini, unik dalam mengolahnya. Bahan-bahan yang digunakan cukup standar, yaitu tepung terigu, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan, daun seledri cincang, telur, santan, garam, dan penyedap rasa. Jika suka sedikit pedas, bisa ditambahkan lada bubuk. Cara mengolahnya, setelah menjadi adonan kalis, digunting-gunting sehingga satu dan lainnya tak berbentuk yang simetris.

3. Pastel abon

Terdapat berbagai versi pastel di Nusantara. Perbedaan ini pada isiannya, diantaranya pastel isi ragout, bihun dan wortel, serta abon. Untuk jajanan lebaran yang digoreng, pastel abon cukup populer. Baik itu abon sapi atau abon ayam, bahkan ebi yang gurih juga bisa dikreasikan sebagai isian pastel.

Pastel memakai bahan tepung terigu dicampur dengan margarin, telur, bawang putih halus atau bubuk, dan garam serta air. Adonan dibuat kalis kemudian didiamkan selama 10-15 menit. Kemudian adonan dibentuk bertepi lekuk nan cantik dan ditambah isian abon pilihan. Karena digoreng, jajanan ini memiliki kerenyahan yang gurih nikmat.

jajanan lebaran yang digoreng
Ilustrasi jajanan lebaran yang digoreng (Shutterstock)

4. Biji ketapang adas wijen

Nusantara memiliki variasi rempah yang beragam. Untuk jajanan lebaran yang digoreng, adas bisa jadi salah satu rempah untuk bahannya. Adas memiliki rasa manis, sedikit pedas, dan aroma yang tajam. Jika dipadukan dengan bahan-bahan camilan yang disebut biji ketapang, akan menghasilkan kombinasi sempurna.

Biji Ketapang adalan camilan berbahan tepung terigu, telur, margarin, santan, kelapa parut, dan minyak sayur. Kalau adas dipakai untuk memperkaya rasa, harus disangrai dulu supaya aromanya berpendar.

jajanan lebaran yang digoreng
Ilustrasi jajanan lebaran yang digoreng (Shutterstock)

5. Telur gabus keju

Jajanan lebaran ini, disebut juga dengan bidaran. Telur gabus keju ini agak unik, karena tidak memakai bahan tepung terigu tetapi tepung kanji atau tapioka. Tepung yang merupakan ekstrak atau sari pati singkong ini, renyah berpadu dengan keju. Bahannya pun sederhana dan mudah diolah, termasuk diantaranya margarin, telur, garam, dan penyedap rasa.

6. Onde-onde ketawa

Sebagai rekomendasi jajanan lebaran yang digoreng, yang satu ini tak boleh ketinggalan. Yaitu onde-onde ketawa mini, yang luarnya cantik karena bintik-bintik biji wijen. Soal rasa, kue berbahan tepung terigu ini gurih sedikit rasa manis.

7. Stik bawang seledri

Stik bawang kerap disebut dengan ladrang. Bahan yang dipakai cukup sederhana, yaitu terigu dan maizena serta margarin dan telur. Untuk membentuk motif cantik kehijauan, seledri cincang dicampurkan dalam adonan. Bawang putih tentu bisa diandalkan memendarkan aroma wangi jajanan lebaran khas di Indonesia ini.

Itulah daftar jajanan lebaran yang digoreng. Meskipun mudah diolah dan murah, penting juga memperhatikan cara menyimpannya. Pastikan disimpan dalam stoples yang kedap udara supaya renyah tahan lama.