Bagikan:

YOGYAKARTA – Jajanan pasar yang tidak mudah basi sangat cocok dijadikan stok camilan di rumah dan juga oleh-oleh saat berkunjung ke rumah kerabat.

Jajanan pasar merupakan camilan yang disukai berbagai kalangan. Kudapan ini digemari karena harganya relatif terjangkau, memiliki rasa yang enak, dan tersedia banyak pilihan.

Di Indonesia, jajanan pasar umumnya dibuat tanpa pengawet sehingga lebih aman dikonsumsi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Artikel ini akan membahas jajanan pasar yang bisa tahan beberapa hari, meskipun dalam proses pembuatannya tidak menambahkan bahan pengawet.

Jajajan Pasar yang tidak Mudah Basi

1. Lemper

Lemper adalah makanan tradisional yang berbentuk seukuran genggaman tangan dan dibungkus dengan daun pisang sehingga aromanya khas. Bahan utama untuk membuat lemper adalah beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa. Lemper biasanya berisikan serundeng atau daging ayam berbumbu.

Meskipun termasuk makanan basah, lemper ternyata termasuk jajanan pasar yang tahan lama. Makanan ini bisa tahan 2-3 hari jika disimpan dalam suhu ruangan.

2. Bikang

Bikang adalah kue tradisional yang identik dengan warna mencolok dan terbuat dari tepung beras.

Kue bikang merupakan salah satu camilan khas Jawa Tengah yang memiliki rasa manis dan gurih. Jajanan ini umumnya dapat dijumpai di pasar tradisional.

Kue bikang memiliki daya tahan yang cukup lama, yakni sekitar 1 hingga 2 hari asalkan disimpan dalam wadah tertutup.

3. Onde-onde

Onde-onde juga termasuk jajanan pasar yang tidak mudah basi. Makanan khas Nusantara ini umumnya terbuat dari adonan tepung ketan yang diberi isian kacang hijau, kemudian diberi taburan wijen dan digoreng.

Selain itu, adapula variasi lain, di mana onde-onde dibuat dari tepung terigu yang diberi berbagai warna, seperti putih, merah, hijau. Isian onde-onde kini juga sangat beragam, ada yang diisi cokelat, kacang merah, gula merah, hingga parutan kelapa.

Pembuatan onde-onde yakni dengan digoreng. Cara ini dapat membuat onde-onde bisa tahan hingga 2 hari pada suhu ruang.

Onde-onde termasuk jajanan tradisional yang dibuat tanpa bahan pengawet dan dapat bertahan hingga tiga hari di suhu ruang.

4. Kue pastel

Jajanan pasar yang tidak mudah basi berikutnya yakni, kue pastel. Pastel sendiri merupakan makanan semacam pastry yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan lalu dilipat dan dibentuk.  Pastel memiliki kulit yang tipis membuatnya lebih renyah

Kue pastel termasuk kudapan yang digemari oleh masyarakat Indonesia lantaran memiliki cita rasa gurih dan terasa renyah dimulut. Kue pastel bisa tahan selama 3 hari jika disimpan di dalam kulkas.

5. Rengginang

Rengginang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan putih yang dikukus degan gilingan daging kerrang bambu. Daging kerrang ini menghasilkan rasa khas rengginang yang selalu dirindukan.

Selain itu, ada juga varian rengginang yang dalam proses pembuatannya dicampur dengan gula merah. Bahkan, ada rengginang yang biasa diolah dengan varian rasa asin, terasi, hingga ebi.

Rengginang termasuk jajanan yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Kudapan ini sangat digemari karena memiliki rasa gurih atau manis, dan bertekstur renyah.

Selain itu, masa simpannya juga lama. Jika disimpan dengan baik, rengginang dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Demikian informasi tentang jajanan pasar yang tidak mudah basi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.