9 Makanan Khas Nusantara untuk Takjil Buka Puasa
Ilustrasi makanan khas buka puasa Nusantara (Freepik/wavebreakmedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali variasi makanan yang bisa disajikan untuk takjil buka puasa. Diantaranya adalah makanan khas Nusantara, termasuk jajanan pasar ataupun makanan tradisional lainnya. Tertarik mencecap rasa manis dan gurih berbahan hasil bumi kawasan khatulistiwa? Ini dia daftar makanan yang bisa Anda sajikan untuk takjil buka puasa.

1. Klepon

Klepon terbuat dari campuran tapung ketan yang direbus dan diberi isian gula kelapa. Untuk menciptakan rasa gurih, di luar bulatan klepon ditaburi paruta kelapa muda. Biasanya, klepon disajikan bersama cenil dan putu.

makanan khas buka puasa nusantara
Ilustrasi makanan khas Nusantara untuk takjil buka puasa (Freepik/Sri Widyowati)

2. Dadar gulung

Tidak banyak bahan yang dipakai untuk membuat dadar gulung. Cukup adonan tepung terigu dan rebusan pandan wangi untuk kulit. Kemudian isiannya adalah unti kelapa yang memiliki rasa manis dan gurih. Makanan Nusantara, kerap diolah dari hasil bumi sekitar. Meski tak pasti dari mana asal dadar gulung, tetapi makanan tradisional Nusantara ini familiar dan mudah ditemukan di kios-kios penjual jajanan pasar.

3. Carabikang

Kalau Anda menghindari olahan dari tepung terigu, salah satu makanan Nusantara yang ini berbahan tepung beras. Disebut carabikang, makanan yang bentuknya seperti bunga mawar sedang mekar ini, bisa disajikan untuk takjil buka puasa. Soal rasa, karena memakai santan dalam adonan, maka rasa manis yang tak tebal dan gurih berpadu dalam sebuah carabikang.

4. Serabi Kocor

Ada berbagai macam serabi di Nusantara, mulai dari serabi solo, surabi bandung, hingga serabi kocor. Setiap jenis serabi memiliki keunikan rasa. Kalau serabi kocor, terasa gurih dan bermandikan kuah manis dari gula merah yang dicairkan bersama santan.

makanan khas buka puasa nusantara
Ilustrasi makanan khas Nusantara (Freepik/ikarahma)

5. Lumpia

Sama seperti serabi, lumpia juga punya versinya masing-masing pada setiap daerah di Nusantara. Di Semarang misalnya, ada yang disebut loenpia, lunpia, hingga lumpia. Isiannya pun bervariasi, tetapi yang paling familian berisi rebung dan irisan ayam atau ditambahkan telur puyuh. Soal rasa, gurihnya terasa kaya apabila ditambahkan saus bawang dan irisan cabe.

makanan khas buka puasa nusatara
Ilustrasi makanan khas buka puasa (Freepik/KamranAydinov)

6. Kue talam

Kue talam, biasanya dikemas dalam kemasan kecil dengan tekstur manis dan gurih. Biasanya terbuat dari tiga campuran tepung, yaitu tepung sagu, tepung beras, dan tapioka. Aromanya wangi karena diberi rebusan daun pandan.

7. Putu mayang

Termasuk sebagai jajanan tradisional, putu mayang terbuat dari tepung beras yang dikukus di atas daun pisang. Putu mayang memiliki rasa manis berpadu gurih yang disiram kuah santan atau kinca. Karena berbuka puasa membutuhkan makanan yang aman dan lembut, makanan Nusantara yang satu ini bisa untuk takjil.

makanan khas buka puasa nusantara
Ilustrasi makanan khas Nusantara (Freepik/ikarahma)

8. Lopis

Jajanan pasar ini tak jarang ditemukan dan disajikan bersama klepon serta cenil. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan berbahan beras ketan. Kalau dinikmati tanpa parutan kelapa dan caramel gula merah, rasanya hanya gurih berpadu aroma harum daun pisang.

9. Kue pancong

Makanan khas Betawi ini tak hanya mudah dijumpai di Jakarta. Tetapi di berbagai daerah lainnya, seperti Yogyakarta dan Surabaya. Selain disebut kue pancong, disebut pula bandros atau gandos. Berbahan beras ketan atau tepung beras yang dibuat adonan kemudian dipanggang di atas cetakan. Kue pancong memiliki rasa gurih dan manis dari taburan gula merah yang diserut.

Itulah sembilan makanan khas Nusantara untuk takjil buka puasa. Adakah dari daftar makanan di atas yang akan menemani buka puasa Anda hari ini?