Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bandung, Tawarkan Spot Foto dan Beragam Kuliner Lokal
Alun-alun Bandung/Masjid Raya Bandung (Instagram/@dianramadhan8)

Bagikan:

YOGYAKARTA - gabuburit menjadi salah satu aktivitas seru yang dilakukan banyak orang saat bulan puasa Ramadan. Tempat yang didatangi untuk ngabuburit pun bermacam-macam, mulai dari pusat kuliner, taman, hingga di ketinggian untuk melihat senja. Bagi Anda yang tinggal di Kota Kembang, ada sejumlah tempat ngabuburit di Bandung yang asyik menunggu waktu berbuka. 

Bandung sendiri terkenal sebagai kota yang menawarkan banyak destinasi wisata dan spot nongkrong seru. Bagi Anda bermukim di Bandung atau sedang berlibur di kota ini saat Ramadhan, tidak akan kesulitan mencari tempat untuk ngabuburit. Ada berbagai tempat yang cocok Anda kunjungi untuk ngabuburit bareng teman, keluarga, atau pasangan. 

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bandung

Selepas Asar di saat Ramadan, biasanya banyak anak muda hingga orang tua di Bandung yang keluar rumah untuk pergi ngabuburit. Selain menyajikan wisata yang lengkap, Bandung juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang cocok disantap saat berbuka puasa. Lantas mana saja tempat ngabuburit di Bandung yang asyik menunggu momen buka puasa?

Alun-Alun Bandung

Alun-alun Bandung menjadi tempat ngabuburit favorit warga Bandung. Di tempat ini, Anda bisa menikmati waktu sore sambil duduk-duduk di Hamparan rumput hijau sintetis bersama teman atau keluarga. Halaman hijau yang luas juga akan membuat Anda bisa memandangi langit sore yang indah. Alun-alun Bandung terletak di Jalan Asia Afrika di pusat kota. 

Halaman rumput di alun-alun Bandung selalu dijaga kebersihannya. Jadi Anda diharuskan melepas alas kaki dan menaruh di tempat penitipan atau membungkusnya di kantong kresek. Biasanya menjelang waktu berbuka tempat ini juga ramai dengan pedagang kaki lima, seperti batagor, cilok, kolak, gorengan, sosis bakar, es buah, dan lainnya.

Jalan Braga

Jika Anda ingin mencari tempat ngabuburit yang menawarkan spot instagramable maka datanglah ke Jalan Braga. Jalan Braga sudah sangat populer dan salah satu tempat ikonik Kota Bandung. Saat menapaki jalan ini, Anda akan merasakan nuansa tempo dulu. Terdapat bangunan-bangunan lawas dengan desain estetik yang menarik untuk dijadikan background foto. 

Selain itu, di Jalan Braga juga terdapat banyak tempat nongkrong yang asyik seperti kafe dan restoran. Jadi Anda tidak perlu kerepotan mencari santapan untuk berbuka puasa setelah menyusuri Jalan Braga. Tempat ini berada di tengah Kota Bandung sehingga aksesnya sangat mudah. 

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung juga bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit bersama teman atau pasangan Anda. Tempat ini berlokasi di Jalan Wastukencana, Babakan Ciamis, yang bisa diakses secara gratis dari jam 07.00 hingga 20.00 WIB. Biasanya saat bulan pulasa, tempat ini selalu ramai menjelang waktu berbuka. 

Balai Kota Bandung menawarkan suasana sejuk karena terdapat banyak pepohonan rindang dan rumput hijau. Anda bisa duduk-duduk di bawah pohon keteduhan sambil menunggu waktu azan Magrib. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan background pohon besar yang estetik. 

Lapangan Gasibu dan Gedung Sate

Pilihan tempat ngabuburit lainnya di Kota Bandung adalah Lapangan Gasibu dan Gedung Sate. Tempat ini menjadi maskot sekaligus kebanggaan warga kota Bandung. Biasanya setiap sore banyak pedagang kuliner yang mangkal di depan Gedung Sate. Jadi Anda bisa ngabuburit sambil membeli jajanan khas Bandung untuk santapan berbuka. 

Lapangan Gasibu berada di seberang Gedung Sate. Tempat ini biasanya selalu ramai ketika sore, baik untuk jogging maupun nongkrong. Lapangan Gasibu juga sering menjadi tempat digelarnya acara-acara besar, seperti pesta rakyat dan pasar tumpah. Tempat ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan. 

Taman Kiara Artha

Ngabuburit di Kota Bandung juga asyik dilakukan di Kiara Artha Park. Tempat ini berkonsep taman kota dengan sentuhan fasilitas modern. Di tempat ini terdapat air mancur, kereta api khas Eropa, hingga Kampung Korea. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buka puasa di kafe yang ada di Kiara Artha Park. 

Kiara Artha Park berlokasi di Jalan Banten, Kebonwaru, Batununggal. Untuk masuk ke tempat ini, Anda harus membayar HTM Rp25.000 per orang untuk hari biasa dan Rp30.000 per orang untuk akhir pekan. 

Caringin Tilu

Caringin Tilu cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin ngabuburit sambil menyaksikan keindahan langit senja. Tempat ini berlokasi di dataran tinggi, tepatnya di Padasuka. Anda akan merasakan nuansa alam hijau yang asri sepanjang jalan menuju Caringin Tilu. Selain udara yang sejuk, Anda akan disuguhkan dengan deretan pepohonan tinggi yang berdiri gagah. 

Caringin Tilu selalu ramai didatangi pengunjung waktu sore hari. Apalagi saat bulan Ramadan, banyak orang datang ke Caringin Tilu untuk ngabuburit sambil menikmati sunset. Dari atas sini, Anda juga bisa melihat keindahan kerlap-kerlip Kota Bandung di malam hari. 

Lapangan Tegalela

Tempat ngabuburit yang asyik lainnya di Kota Bandung adalah Lapangan Tegalela. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga Bandung untuk berburu takjil. Jadi sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa membeli berbagai kuliner lokal yang dijual, mulai dari surabi, batagor, cilok, dan lainnya. 

Lapangan Tegalela sangat luas mencapai 16 hektare yang isinya taman, area monumen, lapangan, hingga track jogging. Selain itu, di tempat ini juga sering diadakan acara hiburan musik dan bazzar. Jadi dijamin Anda tidak akan bosan saat ngabuburit di Lapangan Tegalela. 

Demikianlah rekomendasi tempat ngabuburit di Bandung yang asyik dinikmati bareng teman, pasangan, atau keluarga. Tempat-tempat di atas bisa Anda kunjungi tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir, HTM bagi yang ada, dan membeli camilan untuk santapan berbuka. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.