Rekomendasi Menu Timur Tengah untuk Buka Bersama di Bulan Ramadan
Menu Timur Tengah (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Punya rencana buka bersama dengan keluarga, teman, atau orang terkasih di bulan Ramadan nanti? Jika ingin nencoba hal baru, tak ada salahnya menjajal aneka menu ala Timur Tengah untuk kudapan berbuka puasa di bulan Ramadan 2023.

Tak perlu jauh-jauh ke Arab, sekarang banyak rumah makan, cafe hingga resotran yang menonjolkan menu buka uasa dengan tema Timur Tengah. Selain itu, banyak juga yang menampilkan tema baik itu dekorasi sampai dengan musik yang khas dengan negara Asia Barat Daya itu.

Salah satunya, Episode Hotel kawasan Kelapa Dua, Tangerang, menghadirkan menu berbuka puasa dengan ala Timur Tengah dan Mediterania. Beberapa kudapan khas negara itupun di tampilkan oleh koki di restoran tersebut, mulai dari makanan pembuka seperti Kurma Palestina, Salad Zaitun, Baklava Bite, dan Falavel. Kemudian makanan berat, seperti pizza ala Timur Tengah.

Executive Sous Chef Episode Gading Serpong, Danius mengatakan, menu khas Timur Tengah ini masih menjadi andalan di bulan ramadan tahun 2023. Hal ini karena suasa yang mendukung dan khas dengan nilai-nilai Islami.

"Ramadan tahun ini masih khas dengan Timur Tengah, salah satunya makanannya dan ini terus kita highlight," kata Danius ditemui di Tangerang, Minggu, 19 Maret.

Pada menu ini, ia menghadirkan salad khas Timur Tengah yang mana penggunaan minyak zaitun, buah zaitunnya dan berbagai rempah khas Arab, disatukan dalam menu sehat berbuka puasa.

Terlebih, salad tersebut diperkaya dengan berbagai jenis daun kaya akan serat, jenis salad ini juga ditaburi potongan buah zaitun dan juga keju khas Yunani yang menyerupai potongan tahu.

"Potongan keju ini pun kalau dikunyah juga lembut, seperti tahu. Keju ini juga kami hadirkan di potongan Pizza," ujar.

Lalu, ada pula menu takjil manis seperti Baklava khas Turki, dan kurma Mejol dari Palestina. Dimana Kurma ini berukuran besar namun memiliki biji yang sangat kecil, dari rasa pun manis dan legit.

"Kali ini kita hadirkan Kurma Palestina, di mana kurma tersebut memiliki ukuran cukup besar dan daging cukup banyak, ditambah rasa legit dan manis yang dapat memenuhi kebutuhan gula saat berbuka puasa," ungkapnya.

Waroeng Steak and Shake juga menyiapkan menu-menu baru untuk menyambut bulan suci Ramadan. Menu baru itu adalah Milkshake Kurma.

“Kita khusus tahun ini, kita menyiapkan Milkshake kurma. Namanya Rama Kurma-kurma spesial ramadan. Minuman khusus untuk bulan Ramadan,” kata Manager Waroeng Steak and Shake, regional 5 DKI Jakarta, Senin, 20 Maret.

Sidiq menerangkan Waroeng Steak and Shake juga menyediakan menu buka puasa dengan berbagai varian makanan yang dibungkus dalam satu tempat.

“Kita supporting buka puasa adalah menu Supor Box yang terdiri dari 3 chiken, 2 tenderloin, 4 nasi, 2 kuah brown saos, 2 kuah cheese, 1 porsi dramstick dan 1 porsi kentang goreng,” ucapnya.

Sidiq juga mengungkapkan bagi pengunjung yang ingin menggelar buka puasa di tempatnya, pihaknya telah menyiapkan fasilitas berupa tempat ibadah dan kursi yang cukup banyak. Sehingga kenyamana untuk para pelanggan akan terjamin.

“Untuk Waroeng Steak and Shake sendiri disupport parkiran luas dan tidak usah khwatir ketinggalan salat magrib, karena hampir semua atlet memiliki musolah yang cukup bersih. Jadi buat buka puasa dna kumpul kelurga bisa jadi nyaman,” tutupnya