Takjil dan Tempat Bukber Favorit Menurut Pantauan Netray
Suasana aktivitas penjual takjil di Pasar Pasar Benhil, Jakarta. (Antara/Galih Pradipta)

Bagikan:

JAKARTA – Makanan atau minuman apa yang biasa disantap ketika berbuka puasa, gorengan, lontong, kolak, atau makanan manis lain? Masing-masing pegiat media sosial membagikan pengalamannya.

Menurut pantauan Netray, perbincangan mengenai kudapan berbuka puasa atau takjil mulai semarak di Twitter sejak awal Ramadan. Netray menemukan setidaknya 44,8 ribu tweet pada periode 22-27 Maret 2023, sebanyak 18,9 ribu di antaranya bersentimen positif.

“Twit menghasilkan 15,6 juta impresi yang berpotensi menjangkau 212,3 juta akun Twitter,” tulis Netray dalam laporannya pada 30 Maret 2023.

Dalam perbincangan juga muncul berbagai kosakata yang berkaitan di antaranya gorengan dan manis. Kata manis disebutkan sebanyak 664 kali dalam tweets pegiat Twitter dan gorengan sebanyak 531 kali.

Makanan dan minuman manis yang tampak favorit adalah kolak, es pisang ijo, dan es teh manis.

“Meski berbanding sedikit, kata manis menjadi jenis takjil yang dominan dalam perbincangan pegiat Twitter,” ucap Netray.

Grafik perbincangan pegiat Twitter mengenai takjil. (Netray)

Selain takjil, Netray pada 21-27 Maret 2023 juga mengamati perbincangan mengenai tempat buka puasa bersama (bukber) yang direkomendasikan para pegiat media sosial di Instagram dan Tiktok. Menggunakan kata kunci #rekomendasibukapuasa dan #rekomendasibukber di Instagram dan rekomendasi && buka puasa, rekomendasi && bukber, dan #rekomendasibukber di TikTok.

"Hasilnya, ditemukan sebanyak 95 post dengan total impresi mencapai 5,6 ribu reaksi di Instagram dan 79 post dengan total impresi mencapai 136,1 ribu reaksi pada kanal TikTok,” tulis Netray dalam pantauannya pada 29 Maret 2023.  

Tempat makan mana saja yang direkomendasikan, Netray merangkumnya dalam sejumlah wilayah, yakni:

Tempat Bukber di Jakarta

  1. Dago Restaurant

    Resto yang menyajikan makanan khas Korea yang terletak di daerah Jakarta Selatan menjadi rekomendasi pertama ala pegiat TikTok. Tempat makan ini direkomendasikan oleh akun @greencafelatte. Makanan khas Korea bersertifikasi halal yang disajikan oleh Dago Restaurant menjadi daya tarik penikmat makanan Negeri Ginseng. Selain menu utama, seperti buldak, japchae, atau jajangmyeon resto ini juga menawarkan minuman ataupun side dishgratis untuk menarik pelanggan.

  2. Collage All Dining

    Tempat berbuka puasa dan hiburan eksklusif seperti Sufi Danca dan Gambus Music menjadi daya tarik Collage All Dining. Resto yang terletak di Pullman Hotel Jakarta Central Park ini menyuguhkan nuansa Timur Tengah. Kendati begitu, menu-menu yang tersaji sangat beragam, mulai dari asian foodhingga western food.

Tempat Bukber di Jawa Barat

  1. Chill Rooftop

    Chill Rooftop menjadi rekomendasi teratas di kanal Instagram untuk daerah Banten. Food court dan kafe yang menyajikan berbagai menu pilihan dari beberapa tenant ini berlokasi di Kota Tangerang. Tak hanya itu, tempat yang cocok untuk nongkrong ini juga menawarkan live music di tiap akhir pekan. Jika sebelum bulan Ramadan tempat makan ini buka jam 12 siang, kini di bulan puasa Chill Rooftop buka pukul 15.00 WIB-pesanan terakhir.

  2. Lor-in Sentul Hotel

    All you can eatdi Lor-in Sentul Hotel dibanderol dengan harga Rp138 ribu per pack. Dengan harga ini, pengunjung akan disuguhi lebih dari 70 item makanan. Tempat makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @tukangvisit_ ini mendapat 2,1 ribu likes dan telah dibagikan ulang ke akun lainnya sebanyak 399 kali. Tak hanya menawarkan puluhan jenis makanan nusantara, resto ini juga menampilkan live cookinguntuk menarik minat pelanggan.

  3. The Luxton Cirebon

    Paket berbuka bersama yang ditawarkan oleh The Luxton Hotel Cirebon dibanderol dengan harga Rp178 ribu per nett. Mengusung tema Kumpul Ramadan Bersama (Kurma) all you can eatdi tempat ini menyajikan berbagai macam jenis makanan mulai dari tradisional hingga western food. Tempat yang berlokasi di Kota Cirebon ini direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @geewss dan telah mendapat 1,1 ribu likes.

  4. Loonar

    Tak jauh dari pusat Kota Bandung terdapat rekomendasi tempat bukber yang juga instagramable, yakni Loonar. Kafe yang mengusung konsep minimalis modern dengan dominasi warna putih ini menawarkan paket berbuka mulai dari Rp65 ribu. Tempat ini direkomendasikan oleh akun Instagram milik @indrigrg. Menurut Indri, selain menyuguhkan tempat yang estetik kafe ini juga menyediakan makanan dan minuman yang lezat.

Grafik perbincangan pegiat Instagram dan Tiktok mengenai rekomendasi tempat buka puasa bersama. (Netray)

Tempat Bukber di Yogyakarta dan Jawa Tengah

  1. Obelix Village

    Obelix Village menjadi tempat bukber yang tidak hanya menyajikan menu berbuka namun juga bisa dijadikan spot ngabuburityang ramah anak. Dengan harga mulai dari Rp85 ribu per pack, pengunjung tak hanya akan disuguhi makanan namun juga bisa menikmati beberapa spot, seperti mini farm, little zoo, flower garden,dan juga secret river deck.

  2. Solo’s Bistro

    Restoran Thai ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.183, Kota Surakarta. Rumah makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @cartennia tersebut menawarkan paket Ramadan Hemat (Rahmat) dengan harga Rp50 ribu. Menariknya, hanya dengan membayar goban, pengunjung sudah bisa mendapatkan makanan utama, dessert, dan juga minuman.

  3. WOK Pakuwon Mall Solo Baru

    House of Wok yang berlokasi di Pakuwon Mall Solo Baru menawarkan paket berbuka dengan harga mulai Rp180 ribu yang bisa dinikmati berempat. Resto Chinese food ini memiliki banyak cabang di berbagai daerah, salah satunya ialah di Solo. Bagi pecinta chinese foodcocok banget untuk mencoba berburu menu buka di tempat ini.

Tempat Bukber di Jawa Timur

  1. Warmindo Noodle King

    Tidak hanya resto dan juga kafe yang menawarkan paket menu berbuka, warung makan Indomie (Warmindo) juga turut merayakan momen Ramadan. Warmindo Noodle King yang terletak di Tulungagung menyuguhkan berbagai macam menu berbuka, seperti paket ayam krispi, ayam bakar, paket nasi bento, hingga chicken steak. Bagi pecinta Indomie juga disediakan menu baru di bulan Ramadan, yakni mie hot plate steak.

  2. Ayam Bakar Pak D

    Tidak hanya menawarkan menu andalannya yakni ayam bakar, rumah makan ini juga memberikan kupon berhadiah iPhone 14 bagi konsumennya. Hanya dengan pembelian sebesar Rp50 ribu, pengunjung bisa mendapat satu kupon undian dan berlaku kelipatan. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Rungkut Madya ini memiliki tempat yang luas sehingga cocok untuk acara buka bersama keluarga ataupun teman.

  3. Ayam Goreng Roker

    Rumah makan dengan menu utama ayam goreng ini telah hadir sejak 2006.    Akun TikTok @anggra_29 merekomendasikan Ayam Goreng Roker karena cita  rasa ayam goreng yang juicydan krutuk atau kremesannya yang super renyah, serta harganya yang ramah di kantong.