Lima Kedai Ramen Terfavorit di Yogyakarta Menurut Pantauan Netray
Ramen, mi khas Jepang yang saat ini sedang menjadi favorit di Indonesia. (Antara/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA – Tidak hanya sushi dan sashimi, kuliner khas Jepang berupa mi atau yang dikenal dengan ramen ternyata menjadi salah satu makanan asing terfavorit di Indonesia, khususnya masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Tengok di Kota Yogyakarta, ramen mampu bersaing dengan masakan khas Nusantara seperti gudeg, bakmi jawa, atau sate klatak. Terlihat dari keberadaan kedai ramen dan restoran Jepang yang semakin menjamur dan kerap dipadati pembeli.

Para pegiat media sosial dalam obrolannya juga tak jarang merekomendasikan tempat-tempat menyantap ramen yang enak. Menurut pantauan Netray selama periode 13 Februari-14 Maret 2023, ada beberapa kedai dan restoran Jepang di Yogyakarta yang selalu menjadi perbincang di media sosial. Berikut lima di antaranya:

  1. Golden Geisha

Kedai ini disebut dalam 327 twit selama pemantauan. Selain banyak direkomendasikan sebagai kedai ramen favorit di Yogyakarta, Golden Geisha juga banyak disebut lantaran baru saja pindah lokasi. Pegiat media sosial membicarakan pengalamannya menikmati ramen di tempat baru Golden Geisha.

Kedai makanan khas Jepang ini menyediakan ramen otentik dengan kuah kaldu kental. Kata enak mendominasi perbincangan mengenai Golden Geisha selain kata pindah dan antri. Ramen wagyu dengan kuah baitan dan tamtam paling banyak direkomendasikan.

Meski dominan review positif seperti enak, worth it, rich, creamy, hingga dibilang terenak, pegiat media sosial juga menggarisbawahi panjangnya antrian hingga berjam-jam. Namun, sepertinya banyak yang tetap rela antri demi menikmati ramen Golden Geisha ini.

Kedai ramen satu ini memang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Tak hanya warga lokal, banyak juga warga di luar Yogyakarta yang sengaja datang hanya untuk menyantap ramen ke Golden Geisha.

“Harga seporsi ramen di Golden Geisha mulai dari Rp40 ribuan. Kini, kamu bisa menemukan Golden Geisha di Jogja City Mall, Sleman,” tulis Netray dalam laporannya.

Hasil pantauan Netray mengenai 5 tempat menyantap ramen yang direkomendasikan para pegiat media sosial. (Netray)
  1. Hakata Ikkousha

Resto ini disebut dalam 64 twit. Hadir di Yogyakarta sejak Mei 2014. Berlokasi di Jalan Demangan Baru No.16, Plaza Ambarukmo, atau Pakuwon Mall Yogyakarta. Pegiat media sosial menilai ramen di Hakata memiliki rasa otentik karena merupakan cabang dari negara asalnya, Jepang.

Di Indonesia, setidaknya ada 14 cabang yang tersebar. Namun, di Hakata tidak semua menu ramen halal karena ada beberapa cabang yang menyediakan menu berbahan dasar babi, yang merupakan khas kuah kaldu ramen Jepang.

“Meski harganya cukup mahal, mulai dari Rp62 ribuan banyak pegiat media sosial yang tetap kembali dan merekomendasikan tempat ini untuk dicoba sesekali,” tulis Netray.

  1. Hakosuka Sushi & Ramen

Berlokasi di Jalan C. Simanjuntak No.69, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta dan Jalan Persatuan UGM kedai ini juga banyak direkomendasikan oleh pegiat media sosial karena harganya terjangkau.

Untuk harga seporsi ramen di Hakosuka dibanderol mulai dari 25 ribuan saja. Selain rasanya yang enak, menurut pegiat media sosial, tempatnya juga menarik karena bisa makan di depan bar dengan nuansa ala Jepang.

Sama seperti Hakata Ikkousha, Hakosuka Sushi & Ramen juga disebut dalam 64 twit menurut pantauan Netray.

Hasil pantauan Netray mengenai Golden Geisha. (Netray)
  1. Roka Ramen

Kedai ramen yang juga direkomendasikan para pegiat media sosial adalah Roka Ramen. Berlokasi di Jalan Sidokabul No.8, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Kedai ini buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu, mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

Sama seperti Hakosuka Ramen, warganet merekomendasikan Roka Ramen karena enak dan harganya terjangkau, hanya Rp25 ribuan untuk satu porsi.

Roka Ramen dalam pantauan Netray disebut dalam 56 twit.

  1. Ramenhead

Kedai ramen yang terletak di Jalan Pandega Karya No.20, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman ini disebut dalam 46 twit. Buka setiap hari mulai pukul 11.00-22.00 WIB. Harga seporsi ramen di Ramenhead sekitar Rp30 ribuan.

“Ramenhead dan Roka Ramen kerap dijadikan rekomendasi warganet ketika ingin menyantap ramen nikmat dengan harga terjangkau,” imbuh Netray.

Resto Hakata Ikkousha di Jalan Demangan Baru, Yogyakarta. (primahapsari.com)

Netray menggunakan kata kunci ramen && jogja beserta sejumlah nama kedai ramen populer di Yogyakarta dalam menganalisa topik tersebut.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.