Supaya Lebih Sehat Dikonsumsi Selama Bulan Ramadan, Begini Trik Menjaga Kualitas Gorengan
Ilustrasi (Riki Risnandar/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak diragukan lagi kalau gorengan adalah salah satu jenis makanan paling laris yang dijadikan menu berbuka puasa. Sebut saja bakwan, tempe mendoan, lumpia, pastel, dan pisang goreng. Setidaknya salah satu jenis gorengan itu akan hadir memeriahkan santapan takjil Anda.

Meski rasa makanan yang digoreng jauh lebih enak, namun juga berpotensi membuat nilai gizinya menurun, jika tidak diolah dengan benar. Jika Anda ingin menjaga kualitas gorengan lebih sehat, tanpa mengorbankan makan gorengan, pastikan untuk mengikuti tips berikut dilansir dari Lifehack, Senin, 27 Maret.

Menggunakan olive oil

Minyak zaitun mungkin adalah jenis minyak terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat gorengan. Minyak zaitun sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga memiliki keunggulan dibandingkan jenis minyak lainnya.

Minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi dibandingkan dengan minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai. Artinya Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng makanan lebih lama dibanding jenis minyak goreng lain namun kualitas dan nutrisi makanan tetap terjaga. Pilih minyak zaitun dengan jenis Virgin atau Extra Virgin. Label ini menunjukkan bahwa kadar penggunaan ekstrak kimia hanya sedikit.

Pastikan minyak tetap jernih

Penting untuk memastikan minyak goreng tetap bagus dan bersih jika ingin dipakai kembali. Jika Anda menggunakan minyak goreng berkali-kali maka minyaknya akan mulai gosong dan itu akan membuat makanan Anda terasa gosong. Menggunakan minyak lama untuk menggoreng juga sama dengan menghilangkan nutrisi minyak.

Beberapa cara agar gorengan tetap enak dan tetap bergizi adalah dengan membuang kotoran di minyak Anda sesering mungkin dan, tentu saja, mengganti minyak Anda setelah dua kali penggunaan.

Gunakan tepung gluten free

Makanan yang mengandung gluten biasanya berasal dari olahan tepung terigu. Untuk itu Anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung bebas gluten yang bisa didapatkan antara lain dari almond, beras merah, jagung, kelapa, maupun singkong. Tepung singkong adalah salah satu tepung bebas gluten (gluten free) yang memiliki karakteristik mirip dengan tepung terigu dan bisa digunakan sebagai tepung serbaguna. Rasanya netral dan rendah kalori ketimbang tepung kelapa atau almond.

Gunakan baking soda

Cara lain membantu meningkatkan kualitas makanan yang digoreng adalah dengan menggunakan cairan berkarbonasi, atau soda kue di dalam adonan. Baking soda membantu melepaskan gelembung gas, yang akan membantu mengurangi penyerapan minyak dalam makanan Anda.

Mencampurkan metode ini dengan bahan-bahan bebas gluten dalam adonan gorengan Anda merupakan salah satu cara terbaik menjaga kualitas gorengan lebih sehat.

Jaga Temperatur minyak

Satu hal yang gagal dilakukan kebanyakan orang saat mencoba membuat hidangan gorengan yang sehat adalah memastikan suhu minyak tepat di temperatur seharusnya. Suhu ideal untuk minyak goreng adalah antara 162°C-200°C.

Jika minyak goreng Anda tidak cukup panas maka makanan Anda tidak akan cepat matang sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk menyerap minyak lebih banyak. Jika Anda memasaknya terlalu panas, minyak goreng Anda bisa gosong dan berasap, yang membuat makanan Anda terasa tidak enak.