6 Ide Bisnis di Bulan Puasa yang Datangkan Untung Besar
Ilustrasi bisnis camilan takjil di bulan puasa (Foto: IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada bulan Ramadan, banyak pedagang yang mendapat keuntungan berlipat. Hal ini merupakan dampak dari pola konsumsi masyarakat meningkat. Oleh sebab itu, tak heran jika ada banyak orang yang memanfaatkan bulan puasa untuk mendapatkan cuan dengan membuka bisnis dadakan.

Nah, bagi Anda yang menginginkan hal serupa, berikut ide bisnis di bulan puasa yang dapat mendatangkan cuan besar.  

Ide Bisnis di Bulan Puasa

  1. Berjualan es buah atau minuman segar

Setiap orang yang berpuasa, membutuhkan minuman untuk berbuka. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk dijadikan sebagai peluang bisnis.

Terkait hal ini, Anda bisa berjualan es buah atau minuman segar lainnya. Jenis minuman ini menjadi primadona selama bulan Ramadan, karena dapat menemani kudapan ringan untuk diikmati dengan cemilan.

Adapun minuman segar yang biasa di jual di bulan puasa adalah es kolak, es blewah, es teh, es cokelat, es kelapa muda, es dawet dan masih banyak lainnya. Anda yang ingin membuka usaha di bulan puasa ini bisa mencoba menjual aneka minuman es yang segar dan nikmat.

  1. Berjualan cemilan takjil

Selain minuman segar, camilan takjil juga selalu diburu oleh orang yang berpuasa. Makanan ringan ini dapat mengganjal rasa lapar sebelum mengonsumsi makanan berat saat berbuka.

Beberapa takjil yag biasa ditemui seperti gorengan, setup roti, kurma, dimsum, dan masih banyak lainnya.

Berjualan takjil di Bulan Ramadan sangatlah cocok, karena praktis dan mudah dilakukan. Anda bisa berjualan camilan takjil dengan membuka lapak di halama rumah atau di pinggir jalan.

Dengan menjual takjil, Anda tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga akan membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya.

  1. Berjualan makanan berat

Disadur dar laman upi.edu, makanan berat adalah makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, dan sayuran.

Selama bulan puasa, banyak pedagang makanan berat yang kebanjiran pesanan. Di bulan ini, banyak orang yang mengadakan acara buka bersama atau sahur bersama, sehingga mereka membutuhkan makanan dalam jumlah besar.  

  1. Berjualan Baju Muslim
Ilustrasi bisnis busana muslim
Ilustrasi bisnis busana muslim (Unsplash)

Selain berjualan makanan dan minuman, bisnis lain yang mendatangkan cuan selama bulan Ramadan adalah menjual busana muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan baik pria dan wanita menggunakan baju muslim dan tertutup dalam kesehariannya.

Untuk memulai berjualan baju muslim, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan hanya dengan modal kecil atau bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.

  1. Kue kering

Membuka bisnis kue kering selama bulan puasa tak perlu modal besar. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan alat-alat sederhana, seperti oven gas dan mixer.

Jika belum bisa membuatnya, Anda bisa coba untuk latihan terlebih dahulu sebelum bulan puasa tiba. Setelah itu, Anda bisa menawarkan kue kering buatan Anda ke rekan kerja, tetangga, hingga keluarga.

Selama Ramadan, banyak orang mencari kue kering untuk dijadikan hamper Lebaran sebagai pengganti tak bisa mudik atau sebagai bingkisan ke orang terdekat. Bisnis kue kering sangat menjanjikan, karena didukung oleh kondisi pasar yang bagus.

  1. Parsel

Ide bisnis di bulan puasa yang terakhir yakni jasa pembuatan parsel. Terkait hal ini, Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering bikinan Anda, aneka macam makanan ringan, dan biskuit yang ada di pasaran, hingga sembako (sembilan bahan pokok).

Demikian informasi tentang ide bisnis di bulan puasa yang mendatangkan untung besar. Baca terus VOI.ID, untuk mendapatkan berita menarik lainnya.