Selain Bikin Rumah Terlihat Asri, Ini 11 Daftar Tanaman Hias yang Bisa Jadi Obat
Ilustrasi daftar tanaman hias yang bisa jadi obat (Pexels/Gary Barnes)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman hias bisa dipilih variannya. Bisa juga dipilih yang memiliki manfaat lebih selain membuat rumah tampak asri. Artinya memilih tanaman hias yang tidak beracun dan bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja jenis tanamannya? Berikut 11 daftarnya sekaligus khasiatnya.

1. Lemon thyme

Lemon thyme dengan nama ilmiah Thymus x citriodus bentuk daunnya kecil-kecil dan mudah berbunga. Jenis tumbuhan semak jadi bisa ditanam untuk pembatas paling luar atau dalam kontainer memanjang.

tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan
Ilustrasi tanaman thyme (Pexels/Thirdman)

Tingginya mencapai 12 inci atau sekitar kurang dari 30 sentimeter. Lebih menguntungkan lagi, tanaman ini cukup toleran dengan perubahan cuaca termasuk ketika sedang musim kemarau. Khasiatnya, bisa untuk menambah cita rasa makanan. Bisa juga sebagai obat luka karena mengandung antibiotik.

Tidak jarang lemon thyme diolah menjadi obat anak yang sedang sakit perut.

2. Catnip atau tanaman anting-anting

Dikenal untuk obat kucing membersihakan pencernaannya, catnip atau tanaman anting-anting sebenarnya tanaman liar yang bisa membantu meredakan sakit gigi. Dilansir WebMD, tanaman anting-anting bisa dimanfaatkan sebagai teh yang merilekskan seperti tanaman hias selanjutnya.

tanaman hias yang bisa jadi obat
Ilustrasi tanaman anting-anting (Pexels/Kaludia Ekert)

3. Lavender

Ada dua jenis bunga lavender, yang baunya wangi biasanya diekstraksi dan dijadikan atsiri. Sedangkan yang biasa sebagai tanaman hias bukan tidak ada manfaat. Tetapi bunganya bisa dikeringkan dan dijadikan tisane. Manfaatnya untuk meredakan rasa cemas dan mengatasi insomnia.

tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan
Ilustrasi bunga lavender (Pixabay)

4. Bunga matahari

Selain bijinya bisa diolah menjadi kuaci dan dijadikan camilan sehat, teh dari daun bunga matahari bersifat deuretik, turunkan demam, dan kurangi batuk berdahak.

5. Tulsi

Selanjutnya, daftar tanaman hias yang bisa jadi obat adalah tulsi. Tanaman ini bisa dijadikan penyembuh kanker, cegah kerontokan rambut, pengontrol gula darah, pereda gangguan pencernaan, dan penyakit jantung.

6. Bunga telang

Bunga telang berwarna biru keungunan memiliki banyak manfaat, antara lain mengandung antioksidan dan mengurangi peradangan, menyehatkan jantung, berpotensi mengatasi gejala diabetes, dan mengurangi gangguan kecemasan.

tanaman hias yang bisa jadi obat
Ilustrasi bunga telang (Unsplash/Lam Thuy)

Tanaman hias yang juga bisa bermanfaat sebagai obat ini mudah sekali berbunga. Bahkan bisa berbunga sepanjang musim.

7. Rosemary

Tanaman dengan daun runcing ini masih satu famili dengan daun mint. Khasianya meredakan inflamasi dan meningkatkan sirkulasi darah bisa jadi alasan kuat untuk menanamnya di rumah.

8. Marigold

Bunga indah berwarna kuning semu oranye ini biasa dipakai masyarakat Bali untuk canang sari. Selain warnanya indah dan terkesan hangat seperti matahari, bunga marigold bisa dikeringkan dan diolah menjadi tisane. Manfaatnya mengurangi inflamasi dan bantu obati infeksi.

tumbuhan yang bisa jadi obat
Iustrasi bunga marigold (Unsplash/JK)

9. Basil

Bentuk daunnya mirip dengan daun kemangi, namanya juga mirip tetapi berbeda. Daun kemangi disebut juga dengan lemon basil.

Sedangkan basil kering bisa untuk tisane yang berfungsi memperkaya cita rasa masakan. Sedangkan untuk kesehatan berkhasiat atasi masalah pencernaan, tingkatkan imun, dan kurangi stres.

10. Bunga torenia

Tidak hanya makanan direstoran yang dihias garnish bunga torenia. Masakan di rumah pun bisa terlihat ‘mewah’ dengan mencampurkan bunga warna ceria ini.

tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan
Ilustrasi torenia (Instagram/@gk.9194)

Bunga torenia bisa jadi campuran salad agar lebih terasa manis nan gurih dan mengandung antioksidan.

11. Bunga mawar merah

Bunga mawar merah bisa berkhasiat redakan sakit kepala. Anda bisa menyeduhnya sebagai tisane dicampurkan dengan star anish dan beberapa butir cengkeh. Bermanfaat juga memperbaiki sistem pencernaan, mengatasi peradangan pada kulit, serta mencerahkan warna bibir.

 

Dari 11 tanaman hias di atas, mana yang sudah tumbuh di sekitar rumah Anda?