Cara Merawat Tanaman Hias agar Tak Mudah Layu
Tanaman Hias (Brina Brum/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Adanya tanaman hijau di dalam ruangan tentu saja tak hanya menciptakan suasana lebih asri dan teduh, tapi juga mampu menciptakan kualitas udara dalam ruangan jadi lebih baik.

Agar tanaman dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, Anda harus sering melakukan beberapa perawatan simple. Berikut tips dan cara merawat tanaman hias agar selalu segar:

Memetik atau memotong

Agar penampilan tanaman selalu tampak asri dan indah dipandang, maka bagian-bagian tanaman yang sudah layu, berubah warna, atau kering harus dipangkas. Memetik atau memotong merupakan cara yang tepat untuk dilakukan.

Dengan perawatan ini, Anda juga bisa menyelamatkan bagian tanaman lain yang masih baik tidak tertular bagian yang sakit.

Menyiram sesuai takaran

Beda tanaman, beda juga jenis perawatannya. Sebaiknya jangan terlalu sering memberi air pada tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan sebab dapat menyebabkan kebusukan akar. Sebaiknya, cukup berikan kelembapan hingga air keluar dari lubang drainase pot.

Untuk tanaman kokedama yang sedang tren, lakukan penyiraman dengan menggunakan alat yang memiliki nozzle cukup panjang agar air fokus keluar dari satu lubang. Air harus terus dialirkan hingga terlihat meresap ke permukaan bola.

Menyeka daun

Daun yang cantik seringkali menjadi daya tarik utama tanaman hias. Untuk menjaga tampilan daun tetap memesona, segar, dan tidak layu, Anda bisa membersikan daun dengan cara menyeka. Menyeka daun juga bertujuan membersihkan debu-debu yang menempel di permukaan daun.

Memberi vitamin

Sama seperti manusia, tumbuhan juga memerlukan asupan vitamin. Kandungan-kandungan penting seperti fosfor, kalium, dan nitrogen berguna bagi pertumbuhan akar, batang, serta daun.

Jenis wadah untuk tanaman rambat

Tanaman rambat atau tanaman dengan jenis menjuntai memiliki sangat fleksibel diletakkan di mana saja. Anda bisa meletakkannya di ruang vertikal dengan memanfaatkan wire net.

Bahkan dengan kreativitas lebih, pesona tanaman yang simple ini justru akan semakin menarik dengan cara digantung. Tak perlu berumpun-rumpun, meletakkannya secara minimalis pun seolah menguak kecantikannya yang bersahaja.

Rak untuk memajang pot di rumah

Kecintaan seseorang pada tanaman hias acap kali menggiring pelakunya sebagai kolektor. Jika Anda sudah sampai di tahap ini, maka coba pertimbangkan membeli rak untuk menaruh koleksi pot-pot tanaman. Agar lebih estetik, Anda bisa membeli pot yang memiliki desain senada.