Budidaya Tanaman Hias Jadi Hobi Baru Ibu-Ibu di Padang Selama Musim Pandemi
Tanaman Apotek Hidup (Cottonbro - Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Para ibu di Kota Padang, Sumatera Barat, rupanya punya hobi baru selama musim pandemi COVID-19. Mereka rajin menanam tanaman hias hingga sayuran. 

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, umumnya kegiatan budidaya dilakukan ibu-ibu yang berdomisili di kompleks perumahan. Lahan sempit di pekarangan rumah dimanfaatkan dengan baik. 

"Ini bernilai positif," kata Syahrial di Padang dilansir Antara, Minggu, 10 Januari

Dia menambahkan, sudah terbentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) di kompleks perumahan yang berjumlah puluhan. Bahkan para wanita yang tergabung ke dalam KWT, berkeinginan untuk dibina penyuluh pertanian dan diajarkan cara bertani yang baik.

"Permintaan untuk pembinaan banyak yang masuk ke kami melalui penyuluh lapangan. Dan permintaan itu sudah kita akomodasi," kata dia.

Kegiatan bertani di rumah yang dilakukan kaum hawa seperti bertanam cabai di polybag, bertanam sayur dengan wadah hidroponik dan lainnya. KWT itu nantinya juga dibantu melalui dana pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD.

Syahrial mengimbau kepada seluruh wanita di Padang untuk giat bertanam memanfaatkan lahan yang selama ini tidak terpakai.

"Silahkan bentuk KWT di tempat masing-masing, nanti akan kita kirim penyuluh. Sehingga nanti paham cara bertanam yang baik," katanya.

Sementara seorang warga Padang, Riri mengakui sejak pandemi ia memiliki hobi baru yaitu memelihara tanaman hias karena selama ini lebih banyak bekerja dari rumah. Koleksi tanaman pun terus bertambah mulai dari lidah mertua, aglonema hingga keladi.

Setiap pagi sebelum berangkat kerja ia rutin menyiram dan merawat. "Menanam bunga bisa jadi pelepas stres, hati jadi tenang dan indah dipandang," ujarnya.