Cegah Nyamuk Masuk ke Rumah dengan Memelihara 8 Tanaman Ini
Ilustrasi (Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah rumah atau tempat kerja Anda sering diserang nyamuk? Tentu sangat tidak nyaman, bukan? Sering menggunakan obat nyamuk pun tidak baik untuk kesehatan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan cara alami dengan menanam tanaman khusus yang dapat mengusir nyamuk di dalam rumah. Lantas, tanaman apa sajakah itu? Berikut 8 tanaman yang dapat menangkal serangga dan ampuh mengusir nyamuk secara alami.

Kemangi

Daun kemangi atau basil mengandung flavonoid, saponin, tanin dan minyak atsiri yang memiliki efek sebagai bioinsektisida terhadap nyamuk. Namun jika ingin lebih efektif, carilah "cinnamon basil" yang merupakan campuran kemangi dengan kayu manis. Anda akan merasakan efek ganda untuk menghilangkan nyamuk.

Lavender

Meskipun memiliki efek yang menenangkan untuk manusia, nyamuk tidak suka dengan aroma lavender. Selain itu, lavender merupakan tanaman antiseptik dan antijamur dengan kandungan yang dapat menangkal keberadaan nyamuk.

Sereh

Sereh, serai atau citronella seringkali digunakan sebagai insektisida karena memiliki zat-zat seperti geraniol, sitronelal, metil hepteno, terpene-alkohol, dan lain-lain yang dihindari oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan beberapa batang daun sereh kering yang telah dipotong tipis-tipis di tempat yang rawan nyamuk.

Marigold

Bunga marigold yang berwarna terang ini memiliki aroma khas yang menangkal berbagai serangga, mulai dari nyamuk, cacing hingga lalat. Bahkan, studi oleh Iranian Society of Medical Entomology menemukan bahwa minyak atsiri dari Calendula officinalis (semacam marigold) sangat ampuh dalam mencegah gigitan nyamuk.

Geranium

Bunga geranium yang lebih dikenal sebagai bunga tapak dara mengandung berbagai zat aktif dan aroma kuat yang dapat membantu mengusir nyamuk. Namun, geranium bukanlah tanaman yang paling efektif untuk menangkal keberadaan serangga.

Rosemary

Daun rosemary memiliki efek analgesic dan stimulan yang dapat menyehatkan tubuh manusia, juga mempunyai aroma khas yang mengusir nyamuk.

Mint

Mint adalah tanaman tidak beracun yang mengeluarkan wangi menyegarkan, namun berguna juga sebagai tanaman pengusir nyamuk. Untuk meningkatkan efektivitas, gunakan peppermint essential oil yang konsentrasinya lebih tinggi.

Kayu putih

Inilah salah satu tanaman yang paling terkenal untuk mengusir nyamuk! Minyak kayu putih atau cajuput oil dapat membantu mencegah gigitan nyamuk, juga meredakan gigitan gatal. Karena itu, coba tanamkan kayu putih di sekitar area rumah Anda.