Agar Tetap Cantik, Begini Cara Merawat Tanaman Sukulen di Rumah
Ilustrasi Tanaman Sukulen (Tatiana Rodriguez/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman sukulen seperti kaktus hias memang lucu untuk dijadikan dekorasi rumah atau kantor. Seperti tanaman pada umumnya, sukulen juga membutuhkan sedikit perawatan dari Anda. Ini empat tips dasar dari VOI supaya sukulen yang Anda miliki tetap sehat dan bertumbuh cantik!

Pemberian Sinar Matahari

Nah, bagian ini cukup tricky. Sukulen menyukai sinar matahari, namun jika selalu terkena paparan langsung, kulit tanaman dapat terbakar. Pilih tempat teduh yang sering mendapat sinar matahari, seperti di samping jendela. Bila tanaman bertumbuh kurus dengan warna hijau pucat, itu artinya ia memerlukan banyak sinar matahari.

Pemilihan Pot

Langkah ini cukup mudah. Anda tinggal memilih ukuran pot yang tidak terlalu besar, dan hindari juga wadah kaca atau keramik yang tidak memiliki lubang-lubang kecil di dasarnya.

Jangan Sering Menyiram

Karena habitat asli sukulen merupakan daerah kering, Anda sebaiknya menghindari penyiraman yang berlebihan. Mereka bisa kok, bertahan selama beberapa hari. Saat Anda siram, sebaiknya Anda basahi tanah di sekitarnya - dan jangan disiram lagi hingga tanah sudah kembali kering. Rahasianya, semakin tebal daun tanaman Anda, semakin sedikit air yang dibutuhkan.

Bahan Media yang Cocok

Perhatikan tanah yang dipakai untuk menanam tanaman Anda. Sukulen suka dengan media tanam yang kering dan berpasir. Pilihlah media yang tidak menyimpan air, atau campuran tanah dan perlite dengan perbandingan 1:1.