Rumah Lebih Nyaman dan Adem dengan Kreasi <i>Vertical Garden</i>
Ilustrasi (Magda Ehlers/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sesuai namanya, vertical garden adalah ruang hijau yang mengambil bidang vertikal alias tegak lurus. Solusi ini cocok untuk Anda yang mengeluh kurangnya area atau lahan berkebun karena sifatnya sangat hemat tempat alias space-saving. Jadi, konsep ini bisa jadi jawaban agar hobi berkebun bisa terus ditekuni, meskipun kondisi rumah terbatas.

Selain itu, kreasi vertical garden bisa jadi sangat indah dan memberi kebanggaan tersendiri. Biar makin bersemangat, cek dulu ide vertical garden, melansir Dekoruma, Senin, 20 September di bawah ini!

Gbr: Laithang Deaims/Unsplash

Ide vertical garden bisa juga dihadirkan dengan cara menggantung pot-pot ke bagian dinding. Supaya hasilnya maksimal, coba ide pot berbentuk unik dengan variasi tanaman hijau. Desain sesuai selera supaya hasil dinding punya ciri khas tersendiri, misalnya rustic, modern, atau minimalis. 

Gbr: Pawel Czerwin/Unsplash

Siapa yang tidak pangling melihat indahnya dinding rumah dengan karya artistik vertical garden yang hanya dipenuhi satu jenis bunga ini? Pendekatan vertical garden ini hanya menggunakan tanaman bromelia yang merupakan jenis tanaman hias yang cukup minim perawatan. Buat Anda yang ingin membuat vertical garden seperti ide di atas, pilihlah tipe bunga yang memang lebih tahan banting.

Bagi Anda yang baru mau memulai berkebun dengan konsep vertical garden, cobalah mulai dari bidang yang kecil terlebih dahulu. Pilih juga jenis tanaman cantik yang mudah dirawat, seperti sukulen. Dengan sedikit penataan, hasilnya bisa jadi bentuk pigura cantik beraneka ukuran. Meski simpel, kreasi vertical garden yang satu ini dijamin akan membuat semua orang terpukau!

Kreasi vertical garden tidak terbatas pada bidang dinding saja. Anda bisa membuat vertical garden yang tetap space-saving dengan memanfaatkan ruang jendela dan rak pembatas dengan berbagai gaya. Cara ini cukup ideal supaya tanaman tetap bisa mendapat sinar matahari. Pilih juga rak transparan biar ruangan terasa lebih lapang dan cerah.