Bagikan:

JAKARTA - Nyamuk menjadi serangga yang sering kali muncul di luar maupun dalam rumah. Nyamuk dapat menyebabkan sejumlah masalah penyakit seperti demam berdarah dan malaria sehingga keberadaannya di rumah perlu dibasmi.

Namun, sebelum berusaha mengusir nyamuk, ada beberapa kebiasaan yang dilakukan pemilik rumah yang sering kali mengundang nyamuk masuk ke hunian. Dilansir dari The Spruce, Kamis, 13 Juni, berikut beberapa hal yang bisa mengundang nyamuk masuk ke rumah.

Genangan air

Genangan air merupakan tempat yang tepat bagi nyamuk untuk bertelur. Tidak butuh waktu lama menarik ratusan nyamuk bertelur di tempat yang banyak airnya. Jika Anda memiliki kolam atau air mancur di rumah, hal terbaik yang dapat dilakukan yakni menutup atau mengeringkannya. 

Karena nyamuk mengandalkan air tenang untuk bertelur, air mengalir tidak akan menarik perhatian mereka. Jika sulit mengeringkan kolam air mancur,  pastikan air mancur harus selalu menyala dan seluruh persediaan air harus selalu bergerak.

Tanaman panjang dan rumput

Jika nyamuk tidak dapat menemukan darah sebagai makanan, mereka akan mencoba tanaman. Dengan menjaga semak-semak tetap rapi dan tinggi rumput tetap rendah, nyamuk tidak akan tertarik untuk memakan tanaman di halaman.

Rawat rumput dan semak secara teratur guna memastikan tidak ada nyamuk yang masuk. Hal ini juga akan membantu menghilangkan tempat gelap atau lembap yang mungkin menjadi tempat persembunyian nyamuk.

Tanaman penarik nyamuk

Anda mungkin pernah mendengar tentang tanaman pengusir nyamuk, namun mungkin saja Anda selama ini menyimpan beberapa tanaman yang benar-benar menarik nyamuk ke halaman. Tanaman air seperti teratai, bahkan bambu merupakan tanaman yang disenangi nyamuk. 

Coba ganti tanaman ini dengan tanaman alternatif yang dapat mengusir nyamuk secara alami.  Ini bisa menjadi cara yang bagus membantu mengusir nyamuk di halaman jika Anda tidak bisa menggunakan insektisida. Pilihlah tanaman pengusir nyamuk terbaik untuk taman Anda seperti lavendel, rosemary, atau serai.

Puing-puing pekarangan 

Menurut Tailor Made Lawns, puing-puing pekarangan adalah area perkembangbiakan nyamuk yang menguntungkan karena melindunginya dari angin dan elemen lainnya,  Puing-puing ini mencakup potongan rumput, tumbuh-tumbuhan yang terlalu banyak, tumpukan tongkat, ranting dan dahan, tumpukan daun, rumput tinggi yang belum dipotong, tumpukan kompos, dan semak belukar yang tidak terawat. Pemotongan dan pembersihan puing-puing secara teratur dapat mengurangi risiko kemunculan nyamuk di rumah.  

Tempat sampah terbuka

Tempat sampah yang memiliki genangan air dapat menarik nyamuk dengan mudah untuk berkembang biak di sana. Karena itu, pastikan tempat basah dalam keadaan tertutup, kering, serta rutin membuang sampah secara teratur. 

Kurangnya pestisida, insektisida, atau repelen

Jika ada banyak nyamuk di halaman, coba gunakan insektisida. Ini tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga membunuh mereka. Sehingga membantu menjaga halaman tetap aman sepanjang musim panas. Insektisida perlu digunakan secara teratur di seluruh halaman dengan mengikuti petunjuk penggunaan. Penting untuk menjauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari halaman selama masa penyemprotan guna memastikan keselamatan mereka.