Agar Anjing Tidak Masuk Halaman Rumah, Begini Cara Mencegahnya
Ilustrasi (Jeonibra/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anjing liar yang masuk ke halaman rumah terkadang dapat membuat frustasi. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, perilakunya akan memburuk akibat halaman Anda ditandai anjing liar. Terlebih lagi, anjing tertarik oleh bau satu sama lain, yang berarti masalah ini berpotensi membesar seiring dengan waktu. Untungnya, ada beberapa solusi alamiah, buatan, dan bahkan sosial yang dapat mengatasi masalah Anda, dilansir dari The Spruce, Jumat, 26 April.

DIY Semprotan Pengusir

Ada beberapa bau yang dapat menjauhkan anjing dari pekarangan Anda, tetapi beberapa produk—baik buatan sendiri maupun komersial—dapat menimbulkan masalah. Misalnya, bau lada jenis apa pun dapat menjadi pengusir anjing. Namun, taburan lada dapat membakar mata, hidung, dan mulut anjing jika dihirup. Ditambah lagi, hujan dan irigasi akan cepat menghilangkannya (dan angin akan meniupnya), sehingga memerlukan pengaplikasian yang sering. Semprotan pengusir anjing DIY yang bagus adalah yang aman untuk anjing dan murah untuk Anda.

Cuka

Anda dapat menggunakan cuka untuk menjauhkan anjing dari halaman dengan menyemprotkannya di sekeliling area yang ingin terbebas dari Anjing. Anjing tidak menyukai bau cuka yang menyengat. Sebagai bonus, cuka juga dapat membantu menetralkan bau urin. Sehingga menghalangi anjing lain menandai area menggunakan urin. 

Anda dapat menggunakan cuka putih biasa, atau bisa juga dicampur air dengan rasio 50:50. Cuka juga digunakan sebagai pembasmi gulma alami. Jadi, untuk melindungi tanaman sebaiknya cukup semprot larutan cuka di sepanjang trotoar atau jalan setapak.

Jeruk dan buah asam lainnya

Anjing juga tidak menyukai bau jeruk. Jadi Anda bisa menggunakan minyak esensial jeruk atau bahkan kulitnya sebagai pengusir anjing. Namun, perlu diingat bahwa kulitnya dapat menarik perhatian hewan pengerat dan makhluk hidup lainnya, serta tidak sedap dipandang jika diletakkan begitu saja di halaman. Jika Anda ingin menghindari hal ini, taburkan sedikit minyak esensial jeruk di tempat yang Anda inginkan untuk mengusir anjing. Namun jangan terlalu banyak, karena jeruk bisa menjadi racun bagi anjing.

Pupuk alami

Jenis pupuk tertentu ternyata dapat menarik perhatian anjing, terutama yang mengandung tepung tulang, ikan, dan darah. Aroma produk tersebut dapat mengundang rasa ingin tahu binatang bergigi taring ini untuk memakan pupuk tersebut. Untuk menghindari menarik anjing ke halaman rumput Anda secara tidak sengaja, cobalah beralih ke pupuk nabati. Baunya pupuk alami tidak begitu terlalu menarik anjing.

Tanaman Pengusir Anjing

Penghalang tumbuhan alami bisa efektif untuk menjauhkan anjing dari halaman Anda. Secara khusus, tanaman berduri dapat mencegah anjing—terutama dalam bentuk pagar atau ditanam berdekatan. Beberapa anjing juga tidak suka berjalan di atas tanaman merambat yang sulit untuk dilalui.

Timi, rosemary, mint, dan basil yang baru ditanam atau dipanen diketahui dapat mengusir anjing. Aroma kuat yang dikeluarkan tumbuhan ini tidak disukai dan kemungkinan besar akan dihindari oleh anjing, jadi pertimbangkan untuk menambahkan tanaman ini ke halaman.

Waspadalah dengan obat rumahan

Ada banyak larutan rumahan yang populer untuk menangkal anjing liar, terutama cabe rawit, yang terbukti menyakiti anjing. Hindari pula penggunaan bubuk kopi, moth ball, bubuk bawang, tembakau, ammonia, dan detergen untuk mengusir anjing.

Bekerja sama dengan tetangga

Langkah pertama untuk mencegah anjing liar memasuki halaman Anda adalah bekerja sama dengan tetangga. Bertemanlah dengan tetangga Anda. Ungkapkan kekhawatiran Anda tanpa menuduh dia atau hewan peliharaannya. Idealnya, tetangga akan mulai mengawasi anjingnya lebih ketat karena telah mengganggu tetangga.