Bagikan:

JAKARTA - Keberadaan serangga serta hama pengganggu seperti nyamuk, kecoak, dan lainya membuat rumah tidak nyaman. Biasanya, untuk mengusir atau menangkal serangga masuk ke dalam rumah, banyak bahan kimia yang harus digunakan. Akan tetapi, bahan kimia ini akan buruk terhadap kesehatan serta lingkungan. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat, 14 Juni, alternatifnya adalah menggunakan tanaman rumah tangga untuk membasmi serangga. Tentu, Anda harus mengambil penyemprot sesekali untuk kasus yang parah.

Namun, dengan beberapa keterampilan berkebun dalam ruangan yang sederhana, Anda dapat meminimalkan paparan racun. Berikut beberapa tanaman pengusir hama yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah.

Rosemary

Salah satu tanaman herbal terbaik yang disarankan ahli kebun untuk ditanam dalam upaya menjaga kebun sayur bebas dari hama adalah rosemary. 

“Herbal adalah pilihan yang bagus sebagai tanaman pendamping,” kata Carrie Spoonemore, pendiri Seed to Spoon. "Mereka lebih dari sekadar penambah rasa pada masakan, tapi juga merupakan pelindung alami bagi kebun,” jelas Spoonemore.

Berkat aromanya yang kuat, rosemary juga sering digunakan membuat obat nyamuk alami dan efektif mengusir serangga.

Basil

Sering disajikan dalam salad, basil  adalah tanaman pendamping yang cocok untuk mengusir berbagai serangga secara alami. Selain serangga, tanaman ini juga bisa meningkatkan rasa tomat, mencegah cacing gelang, dan mengusir nyamuk.

Lavender 

Lavender adalah pemain utama dalam penangkal serangga dan hama, dan ahli dalam menangkal lalat, kutu, ngengat, nyamuk, kumbang, kecoak, dan banyak hama lainnya. Sebagai bonus, aromanya luar biasa dan menenangkan. Namun, bagi mereka yang alergi serbuk sari, Anda mungkin bisa menempatkan perkebunan lavender Anda di dalam pot di luar pintu.

Sage

Sage dapat membantu menjauhkan serangga dan hama hanya dengan ditanam di sekitar rumah. Anda juga bisa membakar daun kering atau membundelnya dalam bungkusan untuk mengusir gegat. 

Mint

Aroma mint mengusir semut dan kutu daun. Ditambah lagi, tanaman ini ini mudah ditanam, dan membuat taman menjadi harum. Bagi Anda yang berharap dapat menarik lebih banyak penyerbuk positif seperti lebah atau kupu-kupu ke halaman belakang rumah, mint juga merupakan pilihan tanaman pendamping yang sangat baik.

Marigold

Marigold memiliki bunga yang indah dan aroma kuat yang membuat serangga takut. Pertimbangkan untuk menempatkannya di dekat pintu atau di jendela untuk mencegah mereka masuk.

Kucai

Kucai bisa ditanam berdampingan dengan wortel, tomat, bahkan mawar. Aroma bawang merupakan mekanisme pertahanan yang dapat mengusir serangga seperti lalat wortel dan kutu daun.

Krisan

Tanaman krisan tidak hanya punya rupa yang cantik serta aroma harum. Krisan pun dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga termasuk semut, kecoak, kutu, gegat, dan juga kutu busuk.

Serai

Serai sangat bagus untuk mengusir berbagai serangga seperti lalat, kutu, semut, agas, dan tentu saja nyamuk. Selain itu, serai juga digunakan di sebagian besar lilin, semprotan, dan losion pengusir nyamuk. Coba tanam serai dalam pot di dekat pintu atau jendela Anda untuk membantu menjaga serangga masuk ke dalam ruangan.