Apakah Yoga Efektif Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Menurut Penelitian
Ilustrasi apakah yoga efektif menurunkan berat badan (Freepik/Garets Visual)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan yoga, membantu menurunkan tingkat stres dan fleksibilitas fisik. Tetapi apakah dengan rutin beryoga bisa menurunkan berat badan?

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa latihan Vinyasa selama 60 menit membakar lebih sedikit kalori daripada sesi berjalan di atas treadmill. Oleh karena itu yoga mungkin bukan olahraga yang paling efektif jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Penelitian lainnya dilansir Live Science, Selasa, 23 Agustus, yang diterbitkan dalam Preventive Medicine menyimpulkan bahwa hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa yoga dapat menurunkan berat badan meski dalam kondisi sehat sekalipun. Namun, tinjauan sistematis dari 445 catatan ilmiah mencatat bahwa ada beberapa perubahan signifikan dalam massa tubuh untuk individu yang kelebihan berat badan dan berpartisipasi dalam penelitian tentang yoga. Latihan yoga dapat menurunkan berat badan, tetapi tergantung pada tingkat kebugaran awal, frekuensi, dan intensitas sesi yoga.

apakah yoga efektif menurunkan berat badan
Ilustrasi apakah yoga efektif menurunkan berat badan (Freepik/Shurkin_son)

Penelitian tersebut di atas juga menunjukkan bahwa yoga dapat menurunkan tingkat metabolisme basal. Jika tingkat basal menurun, metabolisme melambat dan tubuh membutuhkan lebih sedikit kalori. Penulis utama penelitian ini, M.S. Chaya mengatakan perlambatan fisiologis dari yoga cenderung meningkatkan berat badan dan penumpukan lemak. Artinya, ketika Anda rutin beryoga, hitung dan kurangi porsi makan Anda agar tidak mengalami penambahan berat badan.

Berbeda jika Anda beryoga dengan tujuan membangun otot atau meningkatkan fleksibilitas. Soalnya, penelitian menunjukkan bahwa rutin beryoga meningkatkan kekuatan otot pada pria dan wanita. Tetapi ini tergantung pada jenis yoga yang dilakukan secara rutin.

Misalnya, kelas yoga Yin atau Restoratif memengaruhi jaringan ikat dan berfokus pada peregangan pasif. Di sisi lain, yoga Bikram atau Astanga, yang jauh lebih dnamis, bertindak seperti latihan kardio di mana lebih menantang dengan ritme yang lebih cepat. Untuk membangung kekuatan otot, yoga Bikram lebih efektif karena melibatkan kontraksi otot atau peregangan aktif.

Apabila Anda mengalami kesulitan tidur dan stres, yoga bisa jadi solusi alternatif untuk mengatasinya. Jadi, meski yoga mungkin tidak menyebabkan penurunan berat badan, olahraga ini menawarkan manfaat lain yang membantu menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.