Bagus Dikonsumsi untuk Diet, Berapa Kalori dalam Sebutir Telur Rebus?
Ilustrasi telur rebus. (Congerdesign/Pixabay),

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pertanyaan berapa kalori dalam sebutir telur rebus kerap terngiang di dalam seseorang yang sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

Perlu diketahui, telur kerap dijadikan sebagai menu sarapan bagi banyak orang karena mudah diolah. Telur bisa dimasak menjadi telur dadar, telur mata sapi atau dijadikan sebagai telur rebus.

Lantas, Berapa Kalori dalam Sebutir Telur Rebus?

Dikutip VOI dari Verywell Fit, Sabtu, 10 September 2022, telur merupakan makanan yang kaya akan nutrisi.

Di dalam telur terkandung vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungannya bahkan lebih besar ketimbang jumlah kalori yang ada di dalam telur.

Selain itu, telur adalah sumber protein yang baik. Sebagian besar kandungan protein terdapat pada putih telur, yakni sekitar 4-5 gram dan 17 kalori.

Dalam putih telur memang tidak terdapat lemak. Akan tetapi, putih telur sangat kaya akan leusin atau asam amino yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Ilustrasi telur rebus.

Ilustrasi telur rebus (congerdesign-Pixabay).

Adapun kandungan nutrisi dalam telur sebutir telur rebus menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (United State Department of Agriculture/USDA) yaitu:

  • Kalori: 78 kkal
  • Lemak: 5 gram
  • Sodium/garam: 62 gram
  • Karbohidrat: 0,6 gram
  • Serat: 0 gram
  • Glukosa: 0,5 gram
  • Protein: 6 gram
  • Kolin: 147 miligram.

Manfaat Konsumsi Telur Rebus

Sekedar informasi tambahan, telur merupakan olahan makanan yang tak terkontaminasi dengan zat lain. Karenanya, merebus telur adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat optimal telur.

Adapun manfaat telur rebus untuk kesehatan antara lain:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam telur rebus, terkandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang tinggi. Dua nutrisi ini bagus untuk menjaga kesehatan mata serta dapat mencegah degenerasi pada makula. Rutin konsumsi telur rebus juga dapat menurunkan risiko penyakit katarak.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi telur rebus juga sangat baik untuk otak. Kandungan kolinnya yang tinggi sangat bagus untuk menjaga struktur otak, yang membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot. Selain itu, kolin juga bisa menjaga sistem saraf dan baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat telur rebus pada ibu hamil yakni membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

  1. Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disinggung di atas, telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik sehingga cocok untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Telur rebus akan membuat Anda kenyang tanpa memasukkan terlalu banyak kalori.

  1. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Konsumsi telur rebus juga bisa menjaga kesehatan tulang karena di dalam telur terdapat vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadal kalsium dalam darah.

Dikutip dari Healthy Eating, dalam sehari, tubuh memerlukan 600 unit vitamin D. Nah, dalam satu butir telur rebus, terkandung 45 unit vitamin D.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur rebus menghasilkan lemak baik alias lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak baik ini bisa menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Membantu Pembentukan Massa Otot

Di dalam satu butir telur, terkandung protein dalam jumlah yang tinggi. Asupan protein yang cukup, sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, telur mengandung asam amino esensial dalam rasio yang tepat sehingga tubuh dilengkapi dengan baik untuk memanfaatkan penuh protein di dalamnya. Konsumsi protein yang cukup dapat membantu pembentukan massa otot.

Demikianlah informasi jumlah kalori dalam sebutir telur rebus beserta manfaatnya untuk kesehatan. Merebus telur adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat optimal telur.