Selain Bisa Tingkatkan Kemampuan Mengingat Anak, Ini Manfaat Membacakan Buku yang Sama pada Balita
Ilustrasi (Lina Kivaka/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di rumah, Anda sudah menyiapkan beberapa buku untuk si kecil. Harapannya adalah ia akan membaca semuanya dan mendapatkan semakin banyak hal untuk dipelajari. Namun, yang dipilih tetap buku yang sama, itu lagi, itu lagi. Apakah itu artinya buku yang Anda pilih tidak menarik untuknya?

Tenang, Anda tidak salah, kok, dengan membelikan beragam buku untuknya. Balita  usia 2 atau 3 tahun memang sangat mendambakan repetisi. Mereka suka segala sesuatu yang berulang, termasuk buku bacaannya. Nah, membacakan buku yang sama secara berulang-ulang pada balita justru punya beragam manfaat. Apa sajakah? Melansir Parenting, Rabu, 7 September, berikut jawabannya.

Memperkuat Ingatan

Sunita Shah Bsc(Hons), MRCSLT, MASLTIP, HPCReg., pediatric speech and language therapist di Inggris, mengatakan bahwa pengulangan dapat memperkuat ingatan anak-anak. Ia memaparkan hasil temuan bahwa balita yang hanya mendengar satu cerita sebanyak tiga kali jauh lebih baik dalam mengingat ceritanya sekaligus mengingat kata-kata baru daripada mereka yang mendengarkan tiga cerita yang berbeda

Sebagai pengantar tidur

Membaca buku cerita dapat dijadikan alternatif ritual tidur saat Anda mulai menyapih si kecil. Pengulangan buku cerita yang sama akan membuat si kecil lebih mudah mencapai kondisi tenang hingga akhirnya tertidur.

Menghadirkan rasa aman dan nyaman

Ketika belajar lebih banyak tentang dunia di sekitarnya, si kecil kadang-kadang merasa kewalahan dengan semua informasi baru yang diterimanya. Pengulangan cerita yang sudah dikenalnya akan membantu meyakinkannya bahwa semua sudah sebagaimana mestinya. Ini akan memberikan perasaan aman bagi anak.

Di samping itu, pengulangan menghadirkan kondisi yang terprediksi. Mereka tahu apa yang akan terjadi dan cocok dengan terkaan mereka. Hal itu dapat memberikan perasaan bahwa mereka dapat memegang kendali yang kemudian dapat memunculkan rasa aman.

Mengembangkan kosa kata

Anda mungkin khawatir bahwa dengan membaca buku yang sama setiap saat menjadikan ruang belajar mereka jadi lebih sempit. Jangan khawatir, Dr. Joanne Cummings, psikolog anak klinis di Toronto, Canada, mengatakan bahwa ketika anak-anak selalu mengulang membaca buku yang sama berkali-kali. Anak justru akan mengembangkan lebih banyak kosa kata. Si kecil bisa mendapatkan informasi baru dari setiap pengulangan.