Menurut Riset: Minum Jus Jeruk Dua Gelas Sehari Menurunkan Hipertensi
Ilustrasi manfaat minum jus jeruk untuk hipertensi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam jus jeruk mengandung flavonoid yang menurut penelitian membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Meski baik untuk menjaga tekanan darah seimbang, Anda tetap perlu memperhatikan reaksi tubuh setelah minum jus jeruk.

Flavonoid, atau disebut herperidin, ditemukan dalam hampir semua jenis buah jeruk, seperti lemon dan limau. Kandungan ini bertindak sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang merusak. Hesperidin, ternyata dibuktikan penelitian baik untuk penderita hipertensi.

"Yang sangat menarik dari penelitian ini adalah membantu mengidentifikasi bahwa hesperidin, senyawa tanaman kuat yang ditemukan terutama dalam buah jeruk, mungkin menjadi kontributor utama manfaat jus jeruk untuk tekanan darah," Gail Rampersaud, RDN, Ahli Gizi Diet berlisensi berbasis di California dilansir Verywell, Selasa, 7 Februari.

manfaat minum jus jeruk untuk hipertensi
Ilustrasi manfaat minum jus jeruk untuk hipertensi (Freepik)

Dalam jus jeruk mengandung 690 ml/L (milligram per liter) hesperidin. Penelitian menemukan bahwa selama 12 minggu minum jus jeruk murni dapat secara efektif menurunkan tekanan darah sistolik pada orang yang mengalami pra hipertensi atau hipertensi tahap 1. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Nutrition yang melibatkan 159 peserta studi. Usia dewasa yang terbagi dalam tiga kelompok yang mana dalam setiap kelompok minum jus jeruk 500 mL sehari. Jus jeruk yang diminum baik jus jeruk 100%, jus jeruk 100% diperkaya hesperidin, atau minuman kontrol dengan kandungan kalori, vitamin C dan asam sitrat yang sama dari jus jeruk.

Rata-rata penurunan sistolik sebesar 6,35 mmHg dan 7,36 mmHg untuk kelompok yang minum jus jeruk diperkaya heperidin. Tekanan darah sistolik adalah ketika jantung berkontraksi dan mendorong darah keluar dari arteri. Hal ini menyebabkan tekanan di dalam arteri meningkat. Tekanan darah sistolik normal, adalah kurang dari 120 mmHg.

Terang Melissa Rifkin, RD., seorang ahli diet terdaftar mengatakan kalau hasilnya sama antara minum jus jeruk atau makan jeruk segar. Tetapi upayakan tanpa tambahan gula atau dengan batasan aman sesuai dengan kadar gula darah Anda.

Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, jus jeruk juga bermanfaat untuk menurunkan homosistein darah, biomarker penyakit jantung, serta pengurangan peradangan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa minum jus jeruk secara rutin akan memberikan asupan nutrisi serta kualitas diet lebih baik daripada orang yang tidak minum jus jeruk.

Terkait