6 Buah-buahan Ini Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penelitian membuktikan jenis makanan tertentu membantu menurunkan tekanan darah. Selain sayuran dan kacang-kacangan, buah-buahan tertentu juga bermanfaat yang sama. Karena pola makan pengaruhnya besar sekali pada tekanan darah, maka penting untuk selektif memilih jenis makanan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan ataupun dengan tujuan spesifik, seperti mengontrol tekanan darah. Berikut ini, buah-buahan segar yang bisa Anda serap manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Buah beri

Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin, sejenis flavonoid. Tinjauan tahun 2019 menunjukkan buah beri yang kaya antosianin dapat menurunkan tekanan darah. Namun, mereka menekankan bahwa hasil ini tidak bersifat umum dan mungkin bergantung pada beberapa faktor, termasuk lama penelitian, karakteristik awal, dan dosis.

buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi
Ilustrasi buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi (Freepik/Azerbaijan_stokers)

Penulis tinjauan dan peneliti lain menyarankan bahwa bukti lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim ini. Untuk menikmati buah beri, makanlah sebagai camilan atau camilan manis setelah makan tambahkan ke smoothie taburkan di atas oatmeal untuk sarapan

2. Kiwi

Satu porsi kiwi setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik, menurut uji coba kontrol acak tahun 2022. Orang yang makan 2 buah kiwi per hari sebelum sarapan selama 7 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebesar 2,7 milimeter (mmHg) dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kiwi juga kaya akan vitamin C. Sebuah meta-analisis tahun 2020 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi primer. Kiwi mudah ditambahkan ke makan siang atau smoothie.

buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi
Ilustrasi buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi (Freepik/Azerbaijan_stokers)

3. Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Tubuh mengubah citrulline menjadi arginin, dan ini membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas arteri.

Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Uji coba kecil terkontrol pada tahun 2023 mengamati efek jus semangka pada tekanan darah orang dewasa muda dan sehat. Peneliti menemukan bahwa jus semangka menurunkan tekanan darah sistolik selama dua jam. Demikian pula, meta-analisis tahun 2023 menunjukkan bahwa penelitian hingga tahun 2021 mendukung efek penurunan tekanan darah semangka. Namun, penulis menyoroti perlunya lebih banyak uji coba dengan ukuran sampel yang lebih besar.

4. Delima

Buah delima mengandung antioksidan dan bahan lain yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Sebuah uji coba pada tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumsi jus delima setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita diabetes.

Namun, penulis menekankan perlunya penelitian lebih lanjut. Anda bisa mengonsumsi buah delima utuh atau sebagai jus. Saat membeli jus delima kemasan, periksa untuk memastikan tidak ada tambahan gula.

5. Buah jeruk

Buah jeruk mengandung hesperidin, antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dalam studi tahun 2021, 159 orang mengonsumsi 500 ml jus jeruk yang diperkaya hesperidin. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jus jeruk secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan hesperidin berkontribusi terhadap efek ini.

6. Pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengelola hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram (mg) potasium. Menurut American Heart Association (AHA), potasium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Tetapi melansir Medical News Today, Minggu, 31 Desember, orang dengan penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meningkatkan asupan potasiumnya, karena terlalu banyak bisa berbahaya.

Itulah buah-buahan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa menyimpan informasi di atas dan menyerap manfaatnya dengan mengonsumsi daftar buah di atas.