5 Makanan Sehat yang Berbahaya Kalau Dimakan Terlalu Banyak
Ilustrasi makanan sehat yang berbahaya kalau dimakan terlalu banyak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membatasi porsi makan penting dilakukan. Soalnya, ada sejumlah makanan yang bergizi baik tetapi bisa berbahaya kalau dikonsumsi terlalu banyak. Berikut daftar makanan sehat yang hanya baik kalau dikonsumsi cukup atau tidak kebanyakan.

1. Omega-3 dan minyak ikan

Asam lemak omega-3 berperan dalam melawan peradangan, perkembangan otak, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, terlalu banyak omega-3 berbahaya. Maka batasi sekitar 13-14 gram per hari atau dosis suplemen 1-6 gram per hari. Kandungan ini, mungkin memiliki efek pengencer darah pada orang sehat. Apalagi rentan dikonsumsi berlebih pada orang yang mengalami pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Begitu pun dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan keracunan vitamin A.

2. Tuna

Sedapnya ikan tuna apabila diolah menjadi makanan khas Nusantara, seperti tuna balado dan tuna kemangi pedas. Tetapi, baik ikan tuna segar maupun kalengan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dan tinggi protein. Namun, tuna juga mengandung polutan lingkungan tingkat tinggi terutama yang berukuran sedang hingga besar. Untuk ukuran kecil lebih sedikit mengandung polutan lingkungan. Melansir Healthline, Rabu, 29 November, pilih tuna yang berwarna lebih gelap karena lebih sedikit polutan daripada yang berwarna terang.

makanan sehat yang berbahaya
Ilustrasi makanan sehat yang berbahaya kalau dimakan terlalu banyak (Freepik/topntp26)

Batasan konsumsi untuk tuna kaleng, anak dengan berat 25 kilogram hanya boleh makan satu porsi tuna putih dengan berat 75 gram setiap 19 hari. Lebih dari batasan tersebut, akan melebihi batas yang disarankan. Penting dipahami, tuna mengandung banyak nutrisi penting. Tetapi perlu memastikan tuna diambil dari laut yang bersih dari pencemaran.

3. Kayu manis

Kayu manis tinggi oksidan dan terbukti melawan peradangan serta menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi kayu manis juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit neurodegeneratif. Namun, kayu manis juga mengandung senyawa kumarin yang berbahaya kalau dikonsumsi dalam dosis besar. Terutama kayu manis Cassia dengan jumlah kumarin lebih tinggi daripada Ceylon.

Kumarin, dapat ditoleransi sekitar 0,1 miligram per kilogram berat badan dan kalau terlalu banyak dikonsumsi menyebabkan toksisitas hati serta kanker. Sebab itu, asupan harian tidak disarankan melebihi 0,5 – 2 gram kayu manis Cassia setiap hari. Sedangkan jenis Ceylon, boleh dikonsumsi hingga 5 gram atau 1 sendok teh kayu manis per hari.

4. Kopi

Kopi adalah minuman luar biasa, karena kaya antioksidan dan senyawa aktif lainnya. Manfaatnya baik untuk penurunan risiko penyakit hati, diabetes tipe 2, dan penyakit neurodegeneratif. Tetapi batasi konsumsi kopi sebanyak 400 gram atau mengandung 80-120 miligram. Mengonsumsi 500-600 miligram per hari, bisa jadi berlebihan sehingga membebani sistem saraf, menyebabkan insomnia, gugup, mudah tersinggung, kram perut, jantung berdebar, dan tremor otot. Penting dimengerti bahwa jumlah kafein yang dibutuhkan sangat bervariasi setiap individu. Beberapa orang dapat minum kopi sebanyak yang mereka inginkan tanpa efek negatif.

5. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous adalah sayuran hijau mencakup brokoli, kubis Brussel, kangkong, kubis, dan sawi. Sayuran jenis ini merupakan bahan hidangan harian namun senyawa tiosianat yang mengganggu kemampuan tubuh menyerap yodium. Ini dapat menyebabkan hipotiroidisme yang ditandai dengan kelenjar tiroid kurang aktif. Gejalanya meliputi pembesaran kelenjar tiroid, penambahan berat badan, sembelit, kulit kering, dan penurunan tingkat energi.

Selain makanan sehat yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak dan dijelaskan di atas, lainnya yang perlu dicatat antara lain hati ayam atau sapi dan pala.