Kalau GERD Sering Kambuh, Pilih 7 Makanan Ini yang Membantu Mengatasi
Ilustrasi makanan yang membantu mengatasi GERD sering kambuh (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir ke saluran yang menghubungkan tenggorokan ke lambung atau kerongkongan. Aliran arah yang salah ini kalau tak kunjung membaik atau sering terjadi, disebut GERD (gastroesophageal reflux). Gejala yang dialami penderitanya tidak membuat nyaman, seperti nyeri dada, batuk, dan kesulitan menelan. Bagi Anda yang memiliki GERD dan sering kambuh, baiknya menghindari makanan tertentu. Termasuk cokelat, bawang bombay, makanan asam, dan daging merah. Sedangkan daftar makanan yang membantu mengatasi GERD, diantaranya berikut di bawah ini.

1. Dada ayam

Daripada mengonsumsi makanan berbahan daging merah, lebih baik pilihlah dada ayam tanpa lemak. Daging ayam bagian ini kaya protein dan cukup mudah dicerna. Anda perlu memastikan tidak memakan kulitnya dan diolah dengan dipanggang atau ditumis.

2. Jahe

Jahe merupakan bahan herbal, yang tidak hanya menghangatkan tubuh. Tetapi juga membantu menenangkan perut ketika sakit. Maka cobalah minum teh jahe panas tanpa kafein dan sedikit gula.

makanan yang membantu mengatasi gerd sering kambuh
Ilustrasi makanan yang membantu mengatasi GERD sering kambuh (Freepik/topntp26)

3. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang rendah asam sehingga tidak memicu GERD kambuh. Pilihlah semangka yang dipanen pada musim panas. Ini karena buahnya lebih segar dan manis daripada yang dipanen saat curah hujan tinggi.

4. Beras merah

Mengkonsumsi makanan dengan serat ekstra, dapat membantu GERD tak mudah kambuh. Jadi pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah daripada kue kering atau minuman manis.

5. Havermut

Kalau Anda memiliki GERD, ada baiknya menghindari sarapan pagi dengan pancake, sosis, bacon, donat, dan kentang goreng. Oatmeal atau havermut adalah pilihan terbaik untuk sarapan karena mengandung serat tinggi dan cukup mengenyangkan. Ini juga memberi Anda energi selama berjam-jam ke depan. Namun hindari menambahkan krim, gula, sirup, dan buah kering karena dapat memicu gejala GERD kambuh.

6. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang termasuk umbi-umbian. Bahan makanan lain yang baik untuk penderita GERD, antara lain wortel, lobak, dan lainnya. Bahan ini kaya karbohidrat kompleks dan serat yang mudah dicerna. Hanya saja, hindari memasaknya dengan bawang bombay atau bawang putih karena dapat mengiritasi refluks asam Anda.

7. Selada dan seledri

Refluks asam bisa memburuk kalau Anda mengonsumsi makanan yang memicu produksi gas dalam sistem cerna. Seperti kacang-kacangan dan buah kering perlu dibatasi. Lebih baik konsumsi sayuran selada dan seledri yang menyehatkan serta tidak memicu banyak gas.

Ketujuh makanan yang membantu mengatasi GERD di atas, bisa Anda olah secara sehat. Bisa pula dikreasikan menjadi menu makan harian Anda supaya tidak bosan.