Jangan Sembarangan Makan! Ini Rekomendasi 6 Buah yang Aman untuk Penderita Asam Lambung
Ilustrasi buah melon (Unsplash/iniisralston)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gangguan cukup asam lambung menjadi masalah kesehatan pencernaan yang sering dikeluhkan banyak orang. Orang yang menderita atau sedang disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu seperti-buahan. Apa saja buah asam lambung yang perlu dikonsumsi?

Penyakit asam lambung disebut juga dengan GERD. Penyakit ini cukup mengganggu kenyamanan dan aktivitas penderitanya. GERD terjadi karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan asam lambung naik, seperti konsumsi makanan yang kurang baik, pola makan yang buruk, stres, hingga masalah lainnya. 

penderitaan asam lambung menjaga dan memilih asupan makanannya. Buah-buahan menjadi salah satu makanan untuk mengatasi asam lambung. Namun tidak semua buah disarankan, karena buah yang mengandung asam tinggi dapat membuat asam lambung justru kambuh.  

Lantas apa saja rekomendasi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi penderitanya?

Jenis Buah untuk Asam Lambung

gejala asam lambung bisa muncul kapan saja baru bagi orang yang memiliki riwayat penyakit ini. Pola makan dan asupan yang tidak tepat menjadi faktor munculnya penyakit asam lambung. 

Ada beberapa buah yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi penyakit asam lambung. Buah-buah ini memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan lambung dan pencernaan. 

Pisang

penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi buah pisang. Buah ini disebut mampu membantu menurunkan asam lambung dan meringankan gejala maag. 

Buah pisang baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena memiliki kandungan asam yang lemah. kandungan asamnya memiliki kadar pH sekitar 4,5 - 5,2. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah pisang juga dapat mencegah munculnya masalah pencernaan pada penderita asam lambung.

Buah pisang memiliki tekstur yang halus dan mudah, sehingga mampu membantu membantu kesehatan lambung. Lalu buah pisang yang dikonsumsi dapat membentuk lapisan pelindung bagi kerongkongan untuk mencegah kemungkinan terjadinya akibat asam lambung.

Apel

Apel juga menjadi buah yang baik untuk asam lambung. Buah apel mmiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, apel juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang baik. 

Berbagai kandungan dalam buah apel dapat membantu meredakan gejala maag yang muncul. Namun perlu diingat, tidak semua buah apel baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. 

penderita asam lambung perlu jenis apel yang akan dikonsumsi. menyadari apel yang berwarna hijau karena memiliki rasa agak asam yang bisa memunculkan gejala maag. Jenis yang baik untuk asam lambung adalah apel berwarna merah yang matang

Melon

Buah yang aman untuk asam lambung selanjutnya adalah melon. Buah berwarna hijau ini memiliki sifat basa yang cukup tinggi karena memiliki kandungan mineral magnesium.

Kandungan magnesium dalam melon adalah kandungan utama dari obat antasida yang digunakan untuk meredakan gejala maag. Buah melon aman karena tidak memicu peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya, sehingga bagus untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh.

Pepaya

Pepaya juga menjadi buah yang disarankan untuk pengidap asam lambung. Buah pepaya mengandung enzim papain yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan mengatasi gangguan asam lambung. 

Kandungan enzim papain dalam buah pepaya yang dihasilkan dari getah buahnya. Kandungan ini bermanfaat proses pencernaan dan kemudahan penguraian protein.

Kelapa

Pengidap asam lambung juga disarankan untuk mengonsumsi buah kelapa. Air yang terdapat dalam buah kelapa memiliki kandungan mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu proses pencernaan sistem. 

kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kelapa bermanfaat baik bagi penderita gangguan asam lambung. Selain itu, air kelapa juga berperan menjaga suhu tubuh tetap normal dan mencegah peradangan pada lambung.

Itu tadi rekomendasi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi penderitanya. Anda perlu mengonsumsi buah-buah tadi secara rutin agar terhindar dari gangguan asam lambung.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda