Buah yang Aman untuk Asam Lambung, Apa Saja? Ini Daftarnya
Ilustrasi buah aman untuk asam lambung (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

JAKARTA - Asam lambung gejalanya dada panas seperti terbakar. Ini disebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.Pemicunya cukup beragam, seperti tidur setelah makan, stres, menghirup udara atau asap tercemar, dan konsumsi makanan tertentu yang memicu naiknya asam lambung.

Penyakit asam lambung sering disebut dengan GERD, kependekan dari gastroesophageal reflux disease. Asam lambung yang naik ini kerap kali dianggap sepele. Padahal, hal sepele bisa sangat mengganggu aktivitas.

Mengingat penderita asam lambung perlu berhati-hati dalam memilih makanan, maka apakah buah yang terasa asam boleh dikonsumsi? Buah-buahan yang mengandung asam pantangan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 oleh Tongji University Shanghai membuktikan bahwa ada beberapa makanan yang bisa mengurangi frekuensi gejala GERD, antara lain sebagai berikut:

  1.          Telur
  2.          Sayuran hijau, seperti brokoli, asparagus, kale, dan bayam
  3.          Buah yang kandungan serat, magnesium dan potasium tinggi
  4.          Makanan yang mengandung vitamin lengkap
  5.          Karbohidrat alami dalam buah, sayuran, kentang dan biji-bijian
  6.          Protein berkolesterol rendah, misalnya salmon, almond dan biji-bijian

Untuk buah-buahan, penderita asam lambung tidak bisa bebas memilih seperti kondisi lambung normal. Meski begitu, enam daftar buah berikut ini tetap boleh dikonsumsi.

  1.           Alpukat
  2.          Buah persik
  3.          Pisang
  4.          Melon
  5.          Buah berry
  6.          Apel

Dari keenam buah diatas, kandungannya aman bagi penderita asam lambung. Selain mengonsumsi makanan yang tidak memicu naiknya asam lambung, Anda yang mengalami penyakit ini sebisa mungkin meminimalisir rasa stres.

Nah, untuk mengatasi stres, Anda bisa melakukan aktivitas sehat. Seperti rutin menjalani kegiatan yang bermanfaat untuk mendapatkan ketenangan diri, misalnya meditasi, jalan kaki, dan yoga.

Yang jadi pantangan, kiranya lumayan banyak. Termasuk tidak disarankan untuk mengonsumsi buah yang tinggi acid seperti jeruk, anggur, lemon, dan tomat. Penderita asam lambung juga perlu disiplin jam makan dan hindari perut kosong atau makan telat.