6 Jenis Vitamin yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selain mengubah pola makan dan meminum obat, penderita asam lambung juga membutuhkan vitamin untuk mengatasi penyakit tersebut. Vitamin ini dapat dipenuhi melalui asupan makanan bergizi atau bisa juga dengan konsumsi suplemen tambahan. Peran vitamin untuk asam lambung ternyata tak cuma dapat mencegah asam lambung kambuh, tetapi juga memperbaiki kondisi lambung untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Lantas, vitamin apa saja yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung? Melansir Livestrong, Kamis, 29 Februari, berikut pilihan vitamin yang dapat dikonsumsi.

Vitamin B-12

Menurut sebuah penelitian di Journal of Pineal Research bulan Oktober 2006, melengkapi makanan Anda dengan vitamin B-12 dapat membantu regresi gejala GERD, suatu bentuk refluks asam yang lebih parah. Vitamin B-12 bisa didapatkan dalam bentuk suplemen. Anda juga bisa menemukan vitamin ini dalam makanan hewani termasuk unggas, daging merah, ikan, telur, dan produk susu. Jika Anda menjalani diet vegan atau vegetarian, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dengan mengonsumsi suplemen.

Asam Folat dan Vitamin B-6

Asam folat sejenis vitamin B dan vitamin B-6 adalah dua vitamin lain yang dapat membantu mengurangi gejala refluks asam. Studi tahun 2006 di Journal of Pineal Research menemukan bahwa gejala GERD berkurang setelah mengonsumsi rutin kedua vitamin ini. Asam folat, juga disebut folat, dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Anda juga bisa menemukannya dalam makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Gandum utuh, roti, dan sereal juga dapat diperkaya dengan vitamin penting ini. Vitamin B-6 dapat ditemukan sebagai suplemen atau pada makanan seperti daging, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Vitamin A dan C

Sebuah makalah ilmiah tahun 2012 yang diterbitkan di Collegium Arthropologicum menemukan bahwa pola makan tinggi antioksidan, termasuk vitamin A dan C, dapat membantu mencegah GERD. Antioksidan bertindak melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, zat yang menyebabkan kerusakan sel, infeksi dan penyakit di tubuh Anda. Hal ini dapat memperburuk atau memicu gejala refluks asam Anda.

Mengonsumsi multivitamin yang mencakup vitamin A dan C dapat membantu kesehatan pencernaan dan meringankan gejala asam lambung, menurut sebuah penelitian di Osijek University. Vitamin ini bersifat antioksidan dan tersedia dalam bentuk suplemen dan makanan harian. Sumber makanan vitamin A yang baik antara lain hati, telur, ubi jalar, labu siam, wortel, dan bayam. Sumber vitamin C yang baik antara lain paprika, brokoli, jeruk, jeruk nipis, lemon, dan kiwi.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu memberikan perlindungan terhadap perkembangan GERD. Selain kekuatan antioksidannya, vitamin E juga mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan jantung. Karena potensi masalah kesehatan akibat suplementasi vitamin E, yaitu risiko stroke, Anda sebaiknya hanya mengonsumsi suplemen vitamin E di bawah arahan dokter.

Namun, Anda bisa menemukan vitamin penting ini dalam berbagai makanan seperti bayam, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan selai kacang.