Bagikan:

YOGYAKARTA – Kalau Anda memiliki program tertentu berkaitan dengan berat badan, mungkin membutuhkan petunjuk seberapa intake kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dalam menjalankan program menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi kalori setidaknya sesuai yang dibutuhkan tubuh atau kurang. Untuk itu, penting mengetahui jumlah kalori yang disarankan per hari berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas Anda.

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh sangat bervariasi setiap orang. Secara umum, perkiraan didasarkan pada ketiga hal di atas, yaitu jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas. Nah, kalau seharian hanya rebahan berapa kalori yang dibutuhkan tubuh?

Di samping mempertimbangkan tingkat aktivitas, Anda hanya bisa memakai perkiraan di bawah ini sebagai referensi. Pasalnya, tingkat metabolisme setiap orang berbeda-beda. Kisaran kalori yang disarankan berikut menggunakan perkiraan perhitungan kebutuhan energi dari Institute of Medicine.

jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kalau rebahan seharian
Tabel kebutuhan kalori tubuh seharian berdasarkan usia dan jenis kelamin (Sumber: WebMD)

Sedentary berarti gaya hidup yang hanya mencakup aktivitas fisik ringan pada kehidupan sehari-hari. Gaya hidup ini lebih banyak duduk atau rebahan atau energi yang dibutuhkan tubuh jauh lebih rendah daripada aktif. Melansir WebMD, Jumat, 22 September, gaya hidup cukup aktif berarti gaya hidup yang mencakup aktivitas fisik setara dengan berjalan kaki sekitar 2,5 – 5 kilometer setiap hari dengan kecepatan 5 kilometer per jam. Kalau gaya hidup aktif, di samping menjalani aktivitas fisik yang lebih dari ukuran cukup aktif ditambah aktivitas fisik ringan pada umumnya.

Untuk menjaga berat badan, table di atas menunjukkan batas kalori harian Anda. Ini didasarkan pada usia, tingkat aktivitas, dan BMI (indeks massa tubuh) sebesar 21,6 untuk wanita dan 22,1 untuk pria. Untuk orang dewasa, referensi pria memiliki tinggi 5 kaki 10 inci dan berat 154 pon. Wanita referensi memiliki tinggi 5 kaki 4 inci dan berat 126 pon.

jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh jalau rebahan seharian
Ilustrasi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kalau rebahan seharian (Freepik/rawpixel.com)

Kalau Anda merencanakan program penurunan berat badan, disarankan menurunkan satu pon per minggu yang berarti perlu mengurangi total kalori sebanyak 500 kalori setiap hari. Para peneliti percaya bahwa penurunan berat badan dengan proses yang lebih lambat namun konsisten serta menetapkan tujuan yang realistis dapat menghasilkan penurunan berat badan yang sukses seiring berjalannya waktu. Kuncinya adalah bersabar dan bekerja sama dengan ahli diet untuk membantu menemukan rencana yang tepat untuk Anda.

Apabila capaiannya adalah menambah berat badan, yang terbaik adalah menyusun rencana sehat yang dianjurkan oleh ahli gizi. Kalau Anda memiliki tujuan ini, bisa menambahkan jumlah kalori atas rekomendasi ahli gizi.

Penjelasan di atas, bisa Anda jadikan referensi untuk mengukur jumlah kalori yang dibutuhkan. Anda juga bisa membuat daftar makanan yang menyehatkan dan mendukung program terkait dengan berat badan.