Mengapa Atlet Sering Makan Pisang Saat Pertandingan: Begini Alasannya
Mengapa Atlet Sering Makan Pisang Saat Pertandingan (dok. Eiliv Aceron-Unsplash).

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pisang ialah buah yang sederhana, tetapi mempunyai pengaruh besar pada performa atlet. Saat sebelum mengawali pertandingan, banyak atlet memilih buat komsumsi pisang selaku camilan awal mereka. Terus, mengapa atlet sering makan pisang saat pertandingan? Berikut penjelasannya.

Mengapa Atlet Sering Makan Pisang Saat Pertandingan

1. Sumber Potasium yang Baik

Pisang terkenal kaya akan kalium, mineral yang sangat berarti buat meningkatkan kinerja atlet. Kalium mempunyai kedudukan kunci dalam bermacam peranan badan semacam pergerakan otot, regulasi kadar air dalam tubuh, serta menghindari kram.

Satu buah pisang ukuran sedang umumnya memiliki kurang lebih 450 gr kalium, menjadikannya sumber yang sangat baik buat nutrisi penting ini. Kalium pula berfungsi dalam melindungi tekanan darah, guna saraf, serta keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Energi Instan

Pisang memberikan sumber energi yang cepat serta efisien untuk atlet lewat kandungan karbohidrat serta gula yang lumayan besar. Karbohidrat serta gula dari pisang bisa memberikan tenaga ekstra buat melindungi pikiran serta tubuh tetap fokus selama kegiatan.

Dilansir dari beberapa sumber, tiap pisang ukuran sedang memiliki total kurang lebih 30 gr karbohidrat. Perihal ini menjadikannnya dorongan energi instan yang sangat baik serta lezat.

3. Tinggi Karbohidrat

Seperti buah lain, pisang merupakan sumber karbohidrat yang baik, dengan sekitar 27 gr karbohidrat dalam 1 pisang ukuran sedang. Konsumsi karbohidrat bisa meningkatkan simpanan glikogen, wujud glukosa yang disimpan dalam otot serta hati yang digunakan selaku tenaga selama banyak jenis latihan.

4. Selaku Obat Tidur Alami

Pisang merupakan sumber magnesium serta kalium yang sangat baik untuk menolong merilekskan otot yang tegang. Kandungan triptofan dalam pisang pula bisa berkonversi jadi serotonin serta melatonin, hormon penenang utama dalam otak sehingga memberikan efek relaksasi pada tubuh secara umum. Ini bisa menolong orang tidur lebih nyenyak.

5. Tingkatkan Mood

Pisang memiliki triptofan, yang bisa meningkatkan mood serta kognisi. Sebab, serotonin atau zat kimia utama yang bertanggung jawab buat regulasi mood, tergantung pada ketersediaan bahan kimia tryptophan dari makanan. Makanan kaya tryptophan semacam pisang bisa menunjang peranan kognitif termasuk mood secara alami.

6. Harga Terjangkau serta Praktis

Pisang merupakan buah yang sangat umum serta gampang diakses, sempurna buat atlet yang mau camilan sehat yang tidak membuat kantong kering. Tidak hanya itu, mereka cepat dimakan serta sangat gampang ditemui sepanjang tahun. Pisang pula mempunyai kulit luar yang melindungi isinya, menjadikannya camilan yang mudah dibawa serta melindungi kebersihan.

7. Meningkatkan Kinerja serta Pemulihan

Riset ilmiah dari ilmuwan Nick Gillit serta David Nieman menunjukkan bahwa makan pisang sebelum serta selama olahraga bisa meningkatkan kinerja atlet. Para peneliti dari Apparalchian State University ini menemukan bahwa waktu kinerja atlet kurang lebih 5 persen lebih cepat kala mereka konsumsi pisang dibanding cuma minum air.

Selain itu, pemulihan sehabis latihan dipercepat serta atlet melaporkan peningkatan tenaga. Kemampuan buat fokus secara mental sehabis komsumsi buah ini pun meningkat.

Selain itu kalian juga dapat mengetahui “Manfaat Pisang Berdasarkan Warna Kulitnya” agar semakin yakin untuk mengkonsumsi pisang.

Jadi setelah mengetahui mengapa atlet sering makan pisang saat pertandingan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!