Mengandung Potasium Lebih Tinggi daripada Pisang, Ketahui 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan
Ilustrasi manfaat alpukat untuk kesehatan dibandingkan pisang (Freepik/pvproductions)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meskipun hanya berbeda antara 30-65 gram, tetapi alpukat mengandung potasium lebih banyak daripada pisang. Potasium adalah bahan mineral dan elektrosit yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur tekanan darah, mengirim nutrisi pada sel, dan mendukung kesehatan saraf serta fungsi otot. Lebih lengkap lagi, cek penjelasan mengenai manfaat alpukat untuk kesehatan di bawah ini.

1. Melindungi mata

Lutein dan zeaxanthin dalam alpukat membantu menyerap gelombang cahaya yang dapat membahayakan penglihatan. Alpukat juga disebut sebagai buah sumber antioksidan yang mana jika banyak mengonsumsi buah ini cenderung tidak mengalami degenerasi macula terkait usia.

2. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu faktor kesehatan. Ketika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, alpukat bisa dimasukkan dalam menu harian Anda. Alpukat, mengandung serat tinggi dan hampir mencukupi ¼ kebutuhan serat harian saat memakan secangkir guacamole. Meskipun alpukat tinggi lemak, tetapi jenis lemak tak jenuh tunggal ini menyehatkan.

manfaat alpukat untuk kesehatan dibandingkan pisang
Ilustrasi manfaat alpukat untuk kesehatan dibandingkan pisang (Freepik/drobotdean)

3. Meningkatkan suasana hati

Dalam secangkir irisan alpukat, Anda akan mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat, dilansir WebMD, Rabu, 1 November. Jumlah tersebut memenuhi sepertiga kebutuhan harian folat pada orang dewasa setiap harinya. Folat merupakan vitamin B, yang jika tidak mendapatkan asupan cukup, rentan mengalami depresi dan tidak merespons obat antidepresan dengan baik. Folat juga berperan dalam mencegah cacat lahir sehingga ibu hamil dan ibu menyusui disarankan mengonsumsi lebih banyak.

4. Sumber energi

Kalau makan nasi membuat Anda mengantuk, maka alpukat bisa jadi pilihan alternatif. Pasalnya, alpukat kaya vitamin B, tiamin, riboflavin, dan niasin. Vitamin tersebut membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Niasin dalam alpukat juga dapat membantu melawan peradangan dan melindungi arteri.

5. Baik untuk jantung

Tubuh membutuhkan lemak, namun direkomendasikan lemak tak jenuh yang salah satunya ditemukan dalam alpukat. Penelitian menunjukkan, alpukat membantu menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah. Secara umum, ketiga faktor risiko tersebut berdampak pada kesehatan jantung.

manfaat alpukat untuk kesehatan dibandingkan pisang
Ilustrasi manfaat alpukat untuk kesehatan dibandingkan pisang (Freepik)

6. Memperkuat tulang

Rata-rata, makan setengah buah alpukat memberikan 15 persen kebutuhan vitamin K harian. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang. Anda bisa mencampurkan alpukat dengan bahan lain yang sehat. Seperti mengolahnya bersama salad bayam dengan pelengkp salmon, tuna, dan telur untuk mendapatkan vitamin K sesuai kebutuhan harian.

7. Mengelola gula darah sehat

Karena rendah karbohidrat dan gula, tinggi lemak sehat dan serat, alpukat memenuhi syarat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jika Anda mencegah terkena penyakit diabetes, mengonsumsi pola makan nabati termasuk alpukat, dapat menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2 sekitar 20 persen, menurut penelitian di Harvard.

Di atas merupakan manfaat alpukat untuk kesehatan. Anda bisa mengolah alpukat menjadi berbagai hidangan agar tidak bosan. Seperti untuk salad, jus, ataupun dimakan dengan tambahan toping yang memperkaya rasa gurihnya alpukat.