Mengetahui Manfaat Pisang Berdasarkan Warna Kulitnya
Ilustrasi Pisang (Luis Quintero/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat memilih buah-buahan, umumnya orang akan melihat dari ukuran serta tekstur buah tersebut. Semakin besar dan lunak, tandanya kualitas buah semakin bagus dan rasanya makin enak. Namun, sedikit berbeda dengan buah pisang. Untuk menilai kualitas pisang, bisa dilihat dari tampilan kulit luarnya. 

Beda kematangan, maka beda juga nutrisi serta manfaatnya. Buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan ini harus benar-benar dipilih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Nah, untuk bisa menentukannya dengan baik, berikut VOI bagikan informasi manfaat pisang sesuai warna kulitnya.

Pisang berkulit kuning

Untuk Anda yang tidak memiliki gangguan kesehatan, pisang yang sudah matang sangat pas dikonsumsi. Pisang matang dapat dikenali dari warna kuning merata pada kulitnya. Pisang ini mengandung antioksidan yang baik untuk menghalau efek radikal bebas. Selain itu, teksturnya juga lebih ramah untuk orang dengan masalah pencernaan.

Pisang matang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Namun, indeks glikemik yang tinggi membuat pisang kulit kuning kurang cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Pisang berkulit cokelat

Pisang dengan warna kulit yang sudah cokelat penuh kerap dibuang karena dikira busuk atau tak kayak dimakan. Padahal, pisang berkulit cokelat memiliki kadar antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Sayangnya, pisang berkulit cokelat ini tidak disarankan untuk penderita diabetes serta mereka yang sedang diet karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Pisang berkulit kuning berbintik cokelat

Sebagian orang mengira bahwa pisang dengan kulit berbintik cokelat menandakan pisang rusak. Padahal, bintik cokelat pada pisang menandakan kadar gula dalam buah pisang. Bintik tersebut mengandung Tumor Necrosis Factor (TNF) yang bertindak sebagai anti kanker.

Sayangnya, pisang ini rendah serat dan lebih banyak gula. Namun, sebuah riset membuktikan bahwa konsumsi pisang matang lebih baik daripada mengonsumsi nasi putih bagi penderita diabetes.

Meski masih layak dikonsumsi, namun kandungan vitamin dan mineral dalam pisang sudah menurun.

Pisang hijau

Pisang hijau memang terlihat segar dan rasanya masih mentah dan pahit jika dimakan. Justru, pisang ini sangat baik untuk kesehatan karena rendah gula dan mengandung pati resisten tinggi. Pati dalam pisang berfungsi meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek dan baik bagi usus.

Meski masih mentah namun pisang ini mengandung probiotik baik untuk sistem pencernaan. Smoothies dari pisang mentah cocok bagi penderita diabetes atau yang sedang menjalani diet. Hanya saja jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kembung dan begah di perut