Kudapan Rendah Kalori, Ini 7 Keunggulan <i>Banana Bread</i>
Ilusrasi banana bread atau roti pisang (Pexels/Alleksana)

Bagikan:

JAKARTA – Meskipun menjalankan diet, kalori dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Untuk menikmati makanan mengandung kalori ada banyak cara. Misalnya dengan mencoba sajian banana bread atau roti pisang.

Dalam 100 gram banana bread yang diolah dengan dipanggang maupun dikukus mengandung 326 kalori. Artinya ada seperlima kebutuhan kalori tubuh setiap hari pada kudapan rendah kalori yang satu ini.

Untuk lebih aman dan terpercaya pada kandungan nutrisi di dalamnya memang paling disarankan baking sendiri di rumah. Jikapun tidak, percayakan pada bakery yang sadar akan kesehatan untuk jajan banana bread.  

Membuat sendiri di rumah adalah cara paling ideal dalam menikmati banana bread. Caranya pun ada berbagai macam, baik memakai oven, dikukus atau di panggang diatas arang. Di bawah ini keunggulan banana bread. Tertarik membuatnya sendiri atau menyeleksi toko kue di sekitar rumah?

Pisang menghasilkan rasa manis alami

Pisang yang jadi bahan utama banana bread mengeluarkan rasa manis tanpa menambahkan banyak gula pada resep. Jika menimbang kesehatan, maka pilih banana bread yang tidak ditambahkan dengan iching sugar diatasnya.

Banana bread dengan whole grain

Roti dengan tepung putih mengandung sedikit gizi lebih tinggi kalori. Kalau memilih roti pisang yang tidak memakai tepung putih, pilih whole grain atau biji gandum sebagai penggantinya.

Jika memakai biji gandum, vitamin B-6, magnesium, dan mineral bisa menyokong kebutuhan gizi tubuh dalam satu potong banana bread. Selain itu, bisa jadi sumber serat yang membantu pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Makanan alternatif untuk memerangi kanker

Seorang ahli diet dan gizi, Megan Ware mencatat bahwa pisang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Ditambah lagi menurunkan tekanan darah dan kandungan vitamin lainnya yang menguntungkan.

Kalau bosan mengonsumsi pisang utuh, Anda bisa mengolahnya menjadi banana bread. Bisa juga membeli di banana brad store and bakery yang terpercaya dan menggunakan bahan-bahan sehat.

Sumber protein

Dikutip dari Livestrong, menurut database Nutrisi Nasional USDA, satu potong roti pisang seberat 60 gram dan mengandung sekitar 3 gram protein. Meski roti pisang cenderung tinggi karbohidrat, tetapi bisa jadi sumber protein dengan takaran yang tepat.

kudapan rendah kalori
Ilustrasi membuat banana bread (Pexels/Wendy Wei)

Lemak sehat

Roti pisang menawarkan lemak tak jenuh tunggal jika terbuat dari bahan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dan tepung almond. Teresa Cutter dari The Healthy Chef menyatakan bahwa lemak sehat bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.

Banana bread populer pertama kali saat terjadi kelangkaan bahan pangan

Dikutip dari Byrdie, Rabu, 10 Maret, banana bread diresmikan resepnya oleh Pillsburry pada tahun 1933. Saat itu terjadi kelangkaan bahan makanan dan sisa makanan yang dimiliki perlu diolah untuk support energi para pekerja.

Nah, karena pisang terlalu matang kurang nyaman atau bahkan terlalu manis untuk dimakan, maka dibuatlah jadi bahan banana bread.

Semakin tua semakin manis rasanya

Shandy Chen, CEO dari agensi konten finansial mengungkapkan, pisang yang kulitnya sudah berbintik hitam jangan dibuang. Karena semakin tua pisang semakin manis rasanya jika dibuat banana bread. Artinya, nggak perlu ditambahkan banyak gula ya.

Untuk kesehatan, Maggie Michalczyk, seorang ahli gizi mengatakan bahwa banana bread cukup sehat untuk dikonsumsi. Tetapi perlu menimbang bahan-bahannya. Contohnya, menurut Maggie dengan memakai tepung almond, minyak kelapa dan mengubah pemanis alami dari pisang.