Bagikan:

YOGYAKARTA – Donat dibawa imigran Belanda ke New York pada abad 17 hingga 18. Kudapan manis berbentuk cincin ini berkembang menjadi banyak sekali variasinya. Melansir Britannica, Selasa, 23 Juli, donat merupakan makanan penting pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Disajikan oleh sukarelawan memasak yang berencana bikin pai. Tetapi karena keterbatasan alat, akhirnya dibuatlah donat dengan alat seadanya, yaitu panci dan ketel berisi minyak panas.

Saat ini berbagai variasi muncul. Mungkin jika diitilik sejarahnya, memiliki akar kisah yang berbeda-beda. Tertarik icip-icip atau membuat sendiri variasi donat yang cocok untuk teman mengopi berikut ini? Yuk, simak daftarnya.

1. Donat ragi

Mayoritas donat yang kita jumpai, berbahan dasar sama, yaitu tepung dengan ragi. Adonannya dibiarkan mengembang atau di-resting sebelum digoreng. Setelah digoreng sampai warna keemasan, donat ragi umumnya diberi toping berbagai macam. Misalnya gula halus, kayu manis, hingga taburan meses pelangi.

variasi donat
Ilustrasi variasi donat yang cocok untuk teman mengopi (Unsplash/Nik)

2. Donat kue

Meskipun sekilas berbentuk sama, tetapi tekstur donat ragi dan donat kue berbeda. Donat kue memiliki tekstur lebih padat sebab tidak memakai ragi. Ragi diganti dengan baking soda sebagai pengembang. Diolahnya sama, yaitu dengan digoreng dan diberi toping manis. Donat kue ini, disebut juga sebagai donat klasik karena umumnya setelah matang digoreng diglasir dengan gula karamel.

3. Donat panggang

Berbeda dari segi pengolahan dibanding kedua variasi donat sebelumnya. Donat panggang diolah dengan dipanggang seperti kue sehingga memiliki tekstur lembut. Bahannya pun disesuaikan, yaitu bisa ditambahkan telur, susu, dan mentega cair.

4. Donat kentang tumbuk

Donat kentang kadang-kadang disebut spudnuts, dilansir Taste of Home. Adonannya diberi kentang tumbuk sehingga menghasilkan kudapan yang teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

5. Donat mochi

Donat mochi adalah makanan penutup yang memakai tepung beras sebagai bahannya. Adonannya menggunakan baking powder sehingga menghasilkan tekstur kenyal. Donat mochi sering kali dilengkapi dengan glasir beraroma termasuk vanilla, coklat, atau glasir yang dibuat dengan bubuk teh matcha.

6. Donat Long John

Sekilas bentuknya seperti odading atau bolang-baling, disebut variasi donat Long John. Bentuknya tidak bulat berlubang seperti cincin, tetapi persegi panjang. Donat batangan ini memakai ragi. Di atasnya juga bisa diberi taburan kacang tumbuk, kelapa parut, atau taburan lainnya.

7. Beignet

Donat khas Louisiana, disebut beignet. Kue ini berukuran kecil-kecil terbuat dari adonan tepung dan ragi. Digoreng dengan minyak panas dan bermandi gula. Teksturnya lembut dan dalam varian di Prancis ada juga kudapan sejenis disebut banana beignet bites.

8. Fritters

Donat yang satu ini berbeda, karena diberi apel, buah persik, atau pir. Sebenarnya, adonan donat sebagai selimut dari buah isiannya.

variasi donat
Ilustrasi variasi donat yang cocok untuk teman mengopi (iStock)

9. Cinnamon twist

Sekali lagi perlu dipahami bahwa donat memiliki berbagai variasi. Termasuk dibentuk twist dengan aroma kayu manis. Cinnamon twist, sebenarnya termasuk donat ragi yang adonannya dikepang lalu digoreng sampai berwarna keemasan. Setelahnya, diberi toping sederhana campuran dari gula, air, dan kayu manis.

10. Bonut

Seperti halnya croissant, donat juga dibuat sangat variatif. Disebut bonut, karena memadukan biskuit dan donat. Kudapan ini seukuran satu gigitan saja. Terbuat dari adonan biskuit buttermilk yang dibentuk bola-bola kecil lalu digoreng. Donat kecil yang empuk dihias dengan sentuhan manis berkat gula halus atau gula kayu manis.

Itulah sepuluh variasi donat yang cocok untuk teman mengopi. Karena kudapan di atas memiliki rasa manis, sedapnya jika dimakan bersama kopi tanpa gula.