Bagikan:

YOGYAKARTA - Pempek merupakan kuliner khas Palembang yang begitu digemari banyak orang se tanah air. Kalau dari asalnya, empek-empek terbuat dari daging ikan belida dan ikan tenggiri yang hanya ada di pulau Sumatera dan juga Kalimantan. Namun apakah ada jenis ikan yang bisa dibuat pempek selain itu? Ya tentunya ada dong! Yuk kita bahas!

Ada banyak tipe ikan yang dapat dijadikan bahan baku pempek. Beberapa tipe ikan tersebut gampang ditemui di pasar serta swalayan dengan harga terjangkau. Seluruh ikan yang digunakan untuk membuat pempek wajib dipisahkan dari durinya terlebih dahulu, kemudian dihaluskan.

Selengkapnya, ikuti beberapa jenis ikan yang sesuai dijadikan bahan baku pempek berikut ini.

Jenis Ikan yang Bisa Dibuat Pempek

I. Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah dapat dijadikan bahan baku pempek. Tetapi, ikan kakap merah cenderung lebih amis dibanding ikan yang lain. Bila mau memakai ikan kakap merah untuk membuat pempek, hendaknya pilih yang masih fresh buat kurangi bau amisnya.

Ikan kakap merah segar wajib lekas difilet serta digiling sampai halus, kemudian dapat langsung diolah jadi pempek.

II. Ikan Tongkol

Dari sekian banyak ikan sangat gampang ditemui di pasar, ikan tongkol ialah salah satunya. Tidak hanya biayanya yang sangat terjangkau, ikan tongkol pula nikmat diolah jadi bermacam-macam masakan, semacam pempek.

Memakai ikan tongkol selaku bahan membuat pempek nyatanya gak mengurangi kenikmatannya sama sekali, lho. Ikan tongkol teksturnya lembut serta hampir tidak berduri. Jadi, cita rasa pempek buatanmu juga senantiasa gurih serta nikmat.

III. Ikan Gabus

Berikutnya, kalian dapat memakai tipe ikan sungai, yakni ikan gabus guna membuat pempek. Cita rasa ikan gabus cenderung tawar dibanding tipe ikan yang lain.

Untuk menciptakan pempek dengan cita rasa serta tekstur yang sempurna, hendaknya campur ikan gabus dengan ikan tenggiri memakai perbandingan satu banding satu.

IV. Ikan Lele

Siapa sangka lele pula dapat diolah jadi empek-empek. Ikan lele termasuk tipe ikan yang gampang ditemui di pasaran. Tidak hanya itu, ikan lele pula banyak dijual dengan harga terjangkau. Bila mau membuat pempek murah, kalian dapat memakai ikan lele selaku opsi bahan baku.

Tekstur ikan lele yang lembut membuat tipe ikan ini dapat menciptakan tekstur pempek yang bagus sehabis dicampur dengan tepung serta bumbu.

V. Ikan Tuna

Banyak yang mengira ikan tuna sama dengan ikan tongkol, namun sesungguhnya kedua ikan ini mempunyai banyak perbedaan. Hanya saja, baik ikan tongkol ataupun ikan tuna sama-sama mempunyai kandungan omega 3. Jadi, jika kalian pencinta ikan tuna, bisa banget memakai ikan ini buat bikin pempek.

Gak perlu takut jika rasanya kurang nikmat, sebab ikan ini sudah terasa khas dan nikmat. Terlebih, tekstur dagingnya juga lebih lembut serta halus, sehingga sesuai untuk membuat adonan pempek dengan hasil yang seragam serta rasa nikmat menggugah selera.

VI. Ikan Nila

Terakhir, Kalian dapat membuat pempek memakai ikan nila. Ikan nila termasuk tipe ikan yang jarang digunakan untuk membuat pempek.

Walaupun begitu, daging ikan nila sesuai diolah jadi pempek. Kalian dapat membeli ikan nila di pasar. Buat mengolah ikan nila jadi pempek, filet ikan serta haluskan, kemudian campur dengan tepung terigu serta tepung sagu.

VII. Ikan Mata Goyang

Menurut buku "Kursus Wirausaha Menjadi Juragan Pempek" (2013) oleh Yuyun Alamsyah terbitan Gramedia Pustaka Utama, ikan mata goyang dapat dijadikan bahan untuk membuat pempek. Bila dibanding dengan ikan tenggiri, ikan mata goyang cenderung lebih murah sehingga dapat dibuat serta dijual dengan harga terjangkau.

VIII. Ikan Ekor Kuning

Tipe ikan lainnya yang cocok dibuat jadi pempek yaitu ikan ekor kuning. Untuk memakai ikan ekor kuning selaku bahan baku pempek, tulang ikan wajib dibuang terlebih dahulu. Berikutnya, kalian dapat memakai daging serta kulit ikan ekor kuning yang telah dihaluskan serta dicampur dengan tepung dan bumbu.

Selain itu ternyata “Asosiasi Pengusaha Memperjuangkan Makanan Pempek Menjadi Warisan Bdaya yang Diakui UNESCO”.

Jadi setelah mengetahui jenis ikan yang bisa dibuat pempek, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!