Bermalas-malasan Selepas Kerja, Ternyata Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi bermalas-malasan selepas kerja (Unsplash/Coen Staal)

Bagikan:

JAKARTA – Tanpa mengonsumsi obat, tekanan darah tinggi bisa diatasi. Ternyata, rebahan selepas kerja bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Bagaimana bisa? Berikut temuan penelitian yang memuat manfaat bermalas-malasan.

1. Menurunkan tekanan darah

Dilansir Guardian, peneliti dari Allegheny College di Pennsylvania mengatakan bahwa menghabiskan waktu 45 menit untuk rebahan di sofa selepas kerja bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Bagi Anda yang punya kecenderungan tekanan darah tinggi, bisa mencobanya. Setelah melewatkan hari bekerja, mengejar target, dan penuh tekanan maka isilah sebentar waktu Anda dengan rebahan.

2. Cara paling sederhana atasi burnout

Ambisi tak kunjung mereda juga bisa menyebabkan burnout. Ingin mengerjakan banyak hal, tetapi energi sudah habis saat menjelang petang.

Dikutip dari Bustle, Rabu, 24 Agustus, bermalas-malasan atau memperlambat kecepatan aktivitas akan mendapatkan kualitas dibanding kuantitas, kata Dr. Isabelle Moreau.

Dengan memperlambat kecepatan untuk menggapai ambisi, kita punya waktu lebih untuk istirahat dan berpikir. Tidak hanya memproduksi cepat tetapi ketepatan lebih terkontrol.

3. Mengasah kecerdasan emosional

Sebuah studi yang diinisiasi oleh Universitas Oklahoma, mengisi waktu bermalas-malasan dengan nonton film serial memengaruhi pikiran. Temuannya, orang yang melihat film sains dokumenter dan tidak menonton televisi lebih bisa mengenali emosi orang sekitarnya.

Penelitian tersebut berlandaskan ‘the theory of mind’ yang berkesimpulan bahwa menaruh perhatian pada narasi yang panjang akan memahami apa yang ada dipikiran orang lain.

Lantas, apa hubungannya dengan bermalas-malasan? Anda bisa bersantai selepas kerja dengan menikmati film yang memiliki narasi panjang. Ini bisa membantu Anda mengasah kecerdasan emosional.

4. Mempertajam kreativitas

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Manfred F.R. Kets de Vries, profesor psikologi klinis, menemukan bahwa tidak melakukan apa-apa atau kita kenal dengan bermalas-malasan bisa menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Ini dimulai dari pikiran yang bertualang ketika rebahan dan menemukan ide baru.

Dari temuan di atas, jangan sia-siakan waktu Anda. Pada waktu yang tepat, Anda dapat menghabiskan waktu bermalas-malasan di sofa, melamun, dan atau menonton film.