Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita, Yakin Gamau Cobain?
Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Garis pinggang yang membesar terkadang dianggap sebagai harga untuk menjadi tua. Bagi wanita, hal ini terutama terjadi setelah menopause, ketika lemak tubuh cenderung bergeser ke perut. Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita?

Namun, peningkatan lemak perut lebih dari sekadar mempersulit ritsleting jeans Anda. Penelitian menunjukkan bahwa lemak perut juga membawa risiko kesehatan yang serius. Berita bagus? Ancaman yang ditimbulkan oleh lemak perut bisa dikurangi.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Ilustrasi Perut Buncit (Unsplash)
Ilustrasi Perut Buncit (Unsplash)

Memangkas lemak

Anda dapat mengencangkan otot perut dengan crunch atau latihan perut bertarget lainnya, tetapi melakukan latihan ini saja tidak akan menghilangkan lemak perut. Namun, lemak visceral merespons strategi diet dan olahraga yang sama yang membantu Anda menurunkan berat badan berlebih dan menurunkan total lemak tubuh. Untuk memerangi lemak perut:

Makan makanan yang sehat

Fokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta pilih sumber protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Batasi tambahan gula dan lemak jenuh, yang terdapat pada daging dan produk susu berlemak tinggi, seperti keju dan mentega. Pilih lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam jumlah sedang - yang ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati tertentu sebagai gantinya.

Ganti minuman manis

Minumlah air atau minuman dengan pemanis buatan sebagai gantinya.

Pertahankan ukuran porsi

Bahkan saat Anda membuat pilihan yang sehat, kalori bertambah. Di rumah, kurangi ukuran porsi Anda. Di restoran, bagikan makanan — atau makan setengah dari makanan Anda dan bawa pulang sisanya.

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda

Untuk sebagian besar orang dewasa yang sehat, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan aktivitas aerobik sedang, seperti jalan cepat, setidaknya 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik berat, seperti berlari, setidaknya 75 menit seminggu.

Jika Anda menggunakan penghitung langkah, ingatlah bahwa dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah sehari untuk mencegah kenaikan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan mungkin diperlukan 15.000 langkah sehari untuk mencegah kenaikan kembali berat badan setelah penurunan berat badan yang signifikan.

Latihan kekuatan juga dianjurkan setidaknya dua kali seminggu. Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mencapai target kebugaran tertentu, Anda mungkin perlu lebih banyak berolahraga.

Untuk menghilangkan lemak berlebih dan mencegahnya kembali, usahakan penurunan berat badan secara perlahan dan stabil. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk bantuan memulai dan tetap di jalur.

Mengapa lemak perut lebih dari kulit luarnya

Dimana lemak perut menumpuk

Masalah dengan lemak perut adalah tidak terbatas pada lapisan bantalan ekstra yang terletak tepat di bawah kulit (lemak subkutan). Ini juga termasuk lemak visceral — yang terletak jauh di dalam perut Anda, mengelilingi organ dalam Anda.

gukuran indeks massa tubuh (BMI) standar, lingkar pinggang yang besar meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Setelah mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada wanita, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!