Kenali Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Gaya Hidup Harus Diperhatikan
Ilustrasi lemak pada tubuh (Pexels/Andres Ayrton)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perut buncit adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian wanita. Selain menganggu kenyamanan, perut buncit juga membuat banyak orang tidak percaya diri. Ada beberapa penyebab perut buncit pada wanita.

Perut buncit adalah kondisi adanya penumpukkan lemak di perut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut wanita menjadi buncit. Kondisi ini biasaya dialami oleh wanita dewasa seiring dengan bertambahnya usia. Jumlah asupa kalori dan aktivitas pembakaran kalori sangat menentukan tingkat lemak pada perut. 

Tentu saja tidak ada wanita yang ingin memiliki perut buncit. Tidak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga bikin wanita kesusahan mencari pakaian yang cocok atau pas. Beberapa cara pun sudah dilakukan oleh para wanita untuk menghilangkan perut buncit. 

Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Setiap wanita pasti ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal. Harapan tersebut sering terhalang oleh bentuk perut yang menggemuk atau buncit. Selain karena faktor makanan, ternyata ada penyebab lain perut buncit pada wanita. 

Makanan yang Dikonsumsi

Salah satu penyebab timbulnya perut buncit pada wanita adalah dari jenis makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa membuat perut menjadi buncit. Jadi memperhatikan asupan makanan sangatlah penting. 

Kebiasaan buruk mengonsumsi makanan dan minuman kurang sehat harus mulai dihindari. Hindari makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi. Selain itu, hindari konsumsi minuman beralkohol. 

Jumlah Asupan Kalori

Makanan adalah kebutuha sehari-hari untuk mendapatkan energi pada tubuh. Namun konsumsi makanan secara berlebih berdampak tidak baik pada tubuh. Mengonsumsi banyak kalori bisa membuat perut menjadi buncit. 

Banyak orang memiliki pola makan tanpa memperhitungkan jumlah kalori. Apalagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang bisa membakar kalori. Tingginya konsumsi makanan dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan perut menjadi buncit. 

Genetika

Selain dari faktor makanan, penyebab lain perut buncit adalah karena faktor genetik. Beberapa wanita yang memiliki perut buncit bisa jadi disebabkan oleh faktor genetik. Jika keturunan dalam keluarga dominan bertubuh gempal atau gemuk, bisa menurun ke tubuh anda.

DNA familial atau genetika mempengaruhi hormon yang mengatur asupan kalori dan penyimpanan lemak. Kondisi tersebut mudah terjadi pada wanita karena bentuk perut dan pinggang yang lebih lebar atau besar. 

Kurang Aktivitas Fisik

Seperti yang sudah disebutkan pada pembahasan sebelumnya, aktivitas fisik berperan dalam mengontrol bentuk tubuh. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh. 

Peningkatan lemak yang menumpuk ini bisa membuat perut menjadi buncit. Oleh karena itu, wanita perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur agar terhindar dari perut buncit.

Hamil dan Persalinan

Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami peningkatan nafsu makan. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Banyaknya konsumsi makanan menjadi penyebab perut semakin buncit saat hamil.

Setelah persalinan biasanya tubuh wanita juga menggemuk atau melebar. Kondisi ini akan diikuti dengan bentuk perut yang buncit. Ini adalah hal wajar karena pasca persalinan wanita masih belum banyak bergerak atau beraktivitas, sehingga tidak terjadi pembakaran lemak tubuh. 

Stres yang Berlebihan

Penyebab lain terjadinya perut buncit pada wanita adalah stres yang berlebihan. Sebenarnya stres atau masalah pikiran bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Saat stres, otak akan melepaskan hormon kortisol yang mempengaruhi metabolisme tubuh. Biasanya dalam kondisi ini, nafsu makan akan meningkat. Wanita yang sedang stres biasanya akan banyak mengonsumsi makana ringan, makana manis, hingga junk food. Kalori dari makanan ini akan tersimpan dalam bentuk lemak. 

Itulah beberapa faktor penyebab perut buncit pada wanita. Pola asupan, gaya hidup, hingga kesehatan mental harus diperhatikan untuk menghindari terjadi perut buncit. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.