JAKARTA – Sebelum pergantian tahun, Meta rutin melakukan peninjauan terhadap produk, pembaruan, hingga inovasi yang mereka kembangkan. Jika dilihat dari hasilnya, tahun ini sepertinya berjalan dengan baik.
Pada April lalu, perusahaan yang menaungi Instagram dan Facebook ini meluncurkan asisten canggih yang bisa diakses secara gratis. Asisten ini diberi nama Meta AI dan tersedia di headset Quest, kacamata pintar Ray-Ban, hingga aplikasi seperti WhatsApp.
Meta AI dikembangkan berdasarkan Llama, model Artificial Intelligence (AI) open-source milik Meta, yang dapat digunakan di seluruh aplikasi milik perusahaan tersebut. Oleh karena itu, Meta AI juga bisa diakses di aplikasi media sosial Instagram.
"Meta AI berada di jalur yang tepat untuk menjadi asisten AI yang paling banyak digunakan di dunia pada akhir tahun ini, dengan hampir 600 juta pengguna aktif bulanan," kata Meta dalam laporannya yang dirilis pada 27 Desember lalu.
Sejalan dengan perkembangan AI, Meta berhasil meluncurkan teknologi terdepan seperti prototipe kacamata Augmented Reality (AR) bernama Orion dan headset Virtual Reality (VR) yang menjadi pesaing Apple Vision Pro, yaitu Quest 3S.
Jika mengingat inovasi terbaik lainnya dari Meta di tahun ini, kacamata pintar Ray-Ban masuk ke dalam daftar. Kacamata ini sempat populer di seluruh dunia karena para influencer membuat tren video TikTok menggunakan kacamata tersebut.
BACA JUGA:
Kacamata ini dilengkapi dengan kamera yang sangat jernih sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Beberapa bulan lalu, Meta juga menambahkan kemampuan AI ke dalam kacamata pintar tersebut sehingga pengguna bisa mengajukan pertanyaan apa pun.
Tak hanya produk, aplikasi di bawah naungan Meta juga menunjukkan kemajuan signifikan. Seperti WhatsApp misalnya, Meta telah membuat panggilannya menjadi lebih berkualitas, baik panggilan di ruang obrolan pribadi maupun ruang obrolan grup.
Peningkatan lainnya yang paling kelihatan di tahun ini adalah Threads. Aplikasi yang terintegrasi dengan Instagram itu berhasil meraih ratusan juta pengguna aktif harian dan memiliki banyak fitur baru, di antaranya wawasan, penjadwalan posting, dan beberapa draf.
Di Instagram, Meta menyediakan kemampuan mengedit pesan di Direct Messenger (DM) dan menyematkan obrolan favorit, mirip dengan fitur sematkan di WhatsApp. Ada juga kemampuan uji coba Reels bagi para kreator yang ingin membuat konten baru.