Bagikan:

JAKARTA - Mark Zuckerberg, CEO Meta Platforms, pada Rabu 27 September memperkenalkan produk-produk AI terbaru untuk konsumen. Produk ini termasuk bot yang dapat menciptakan gambar foto-realistik dan kacamata pintar yang dapat menjawab pertanyaan, serta pembaruan pada headset realitas virtual.

Zuckerberg menggambarkan produk-produk tersebut sebagai penyatuan dunia maya dan nyata, dan menekankan bahwa bagian dari apa yang Meta tawarkan adalah AI yang murah atau bahkan gratis yang dapat terintegrasi ke dalam rutinitas sehari-hari. Quest dari Meta adalah produk terlaris di ruang VR yang baru berkembang, dan eksekutif perusahaan menggambarkannya sebagai nilai terbaik dalam industri, sebagai tanggapan atas peluncuran headset yang lebih mahal dari Apple.

Dalam acara Meta Connect, konferensi terbesar perusahaan media sosial tersebut dalam setahun dan juga konferensi pertama secara tatap muka sejak awal pandemi, Zuckerberg mengumumkan bahwa generasi terbaru kacamata pintar Meta Ray-Ban akan mulai dikirimkan pada 17 Oktober, dengan harga 299 dolar AS (Rp4,5 juta).

Perangkat ini akan mengintegrasikan asisten AI baru dari Meta dan dapat melakukan siaran langsung dari apa yang dilihat oleh pengguna langsung ke Facebook dan Instagram. Ini tentu saja merupakan kemajuan dibandingkan dengan kemampuan generasi sebelumnya yang hanya dapat mengambil foto.

Zuckerberg juga mengumumkan bahwa headset campuran terbaru Quest akan mulai dikirimkan pada tanggal 10 Oktober dan memperkenalkan produk AI generatif pertama yang ditujukan untuk konsumen. Salah satunya adalah chatbot bernama Meta AI yang dapat menghasilkan respons teks dan gambar foto-realistik.

"Kadang-kadang kita berinovasi dengan merilis sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya," kata Zuckerberg. "Tapi kadang-kadang kita berinovasi dengan mengambil sesuatu yang bagus, tapi sangat mahal, dan membuatnya bisa terjangkau untuk semua orang atau bahkan gratis."

Meta AI akan dibangun ke dalam kacamata pintar sebagai asisten, dimulai dengan peluncuran beta di Amerika Serikat. Pembaruan perangkat lunak yang direncanakan untuk tahun depan akan memberikan asisten tersebut kemampuan untuk mengidentifikasi tempat dan objek yang dilihat orang, serta melakukan terjemahan bahasa.

Meta membuat Meta AI menggunakan model khusus berdasarkan model bahasa besar Llama 2 yang kuat, yang dirilis oleh perusahaan untuk penggunaan komersial publik pada bulan Juli. "Chatbot ini akan memiliki akses ke informasi real-time melalui kemitraan dengan mesin pencari Bing milik Microsoft," kata Zuckerberg.

Meta juga mengumumkan bahwa mereka sedang membangun platform yang dapat digunakan oleh pengembang dan masyarakat umum untuk membuat bot AI kustom mereka sendiri, yang akan memiliki profil di Instagram dan Facebook dan pada akhirnya muncul sebagai avatar dalam metaverse.

Untuk menunjukkan kemampuan alat ini, Meta menciptakan serangkaian 28 chatbot dengan kepribadian yang berbeda yang disesuaikan dengan suara selebritas seperti Charli D'Amelio, Snoop Dogg, dan Tom Brady.

Pengumuman hari itu mencerminkan bagaimana Zuckerberg berencana untuk menavigasi pergeseran minat investor tahun ini dari teknologi realitas virtual dan augmented ke kecerdasan buatan. Stakes untuk acara ini sangat tinggi, karena pada tahun lalu para investor mengkritik perusahaan induk Facebook dan Instagram atas pengeluaran yang besar pada metaverse, yang mendorong Zuckerberg untuk melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap puluhan ribu staf untuk melanjutkan pendanaan visinya.