Bagikan:

JAKARTA - Meta akan meluncurkan kacamata Augmented Reality (AR) pertamanya pada 2027. Divisi Reality Labs membagikan peta jalan perusahaan yang diperbarui kepada karyawannya minggu ini.

Peta jalan itu yang dilaporkan The Verge, akan meluncurkan beberapa produk AR dan Virtual Reality (VR) dalam jangka waktu 2023, 2024, 2025 dan 2027.

Beberapa produk terkait VR sedang dalam proses di Meta HQ. Pertama adalah headset VR Quest 3 yang muncul akhir tahun ini, dan tampaknya akan menjadi dua kali lebih tipis, dua kali lebih kuat, serta sedikit lebih mahal daripada Meta Quest 2.

Perusahaan juga sedang merencanakan headset yang lebih mudah diakses alias lebih murah, dengan nama kode Ventura untuk tahun depan.

Setelah itu, perusahaan kemudian akan memperkenalkan headset canggih dengan nama kode La Jolla, yang menampilkan Avatar Codec fotorealistik.

Kembali pada 2021, di bawah kemitraan dengan Luxottica, Meta merilis kacamata pintar AR Ray-Ban yang mengintegrasikan teknologi untuk panggilan telepon, foto, video, dan musik.

Raksasa teknologi itu akan merilis dua generasi selanjutnya dari kacamata tersebut pada musim gugur 2023 dan 2025.

Pada 2025 juga, perusahaan dilaporkan akan meluncurkan kacamata pintar generasi ketiga dengan tampilan viewfinder untuk melihat teks yang masuk, memindai kode QR, dan menerjemahkan teks dari bahasa lain secara real time.

Kacamata tersebut akan dirilis bersamaan dengan pita antarmuka saraf dimana pengguna dapat mengontrolnya melalui gerakan tangan. Selain itu, Meta juga dikabarkan sedang mengembangkan jam tangan pintar yang akan bekerja dengan kacamata pintar.

Terakhir, Meta tengah mempertimbangkan untuk mengungkap satu set kacamata AR yang telah lama dirumorkan, dengan nama sandi Orion menutupi hologram avatar ke dunia nyata. Kacamata AR itu bakal diuji coba lebih dahulu untuk karyawan pada 2024 dan diluncurkan untuk umum setelah 2027.

CEO Meta Mark Zuckerberg pernah mengeluarkan prediksi berani kacamata AR akan menjadi pengganti alami untuk ponsel cerdas, yang dapat menjadikan 2027 sebagai tahun yang penting bagi perusahaan yang sedang berjuang jika benar, dikutip dari Trusted Review, Kamis, 2 Maret.

Peta jalan Meta yang bocor ini melukiskan gambaran tentang Meta yang tidak terpengaruh oleh investasi besar-besaran selama bertahun-tahun dalam perangkat keras VR dan sedikit keuntungan dalam hal pengembalian.

Apple juga sedang bersiap untuk memasuki pasar realitas campuran yang telah lama ditunggu-tunggu selama sekitar satu tahun ke depan. Melihat ini, Meta benar-benar perlu memanfaatkan keunggulannya di pasar.