SpaceX Coba Lagi Kirim Kirim Tim Astronot NASA  ke ISS dalam Misi Ilmiah Enam Bulan
SpaceX, siap untuk mencoba mengirimkan kru berikutnya untuk tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX, siap untuk mencoba mengirimkan kru berikutnya untuk tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Kamis 2 Maret setelah upaya pertama dibatalkan karena masalah pada sistem peluncuran.

Dilaporkan Reuters, dua astronaut NASA akan bergabung dengan kosmonot Rusia dan seorang astronaut dari Uni Emirat Arab untuk misi ilmiah selama enam bulan yang terdiri dari berbagai percobaan, mulai dari pertumbuhan sel manusia di luar angkasa hingga mengendalikan bahan yang mudah terbakar di dalam gravitasi mikro.

Pesawat SpaceX, yang terdiri dari roket Falcon 9 yang dilengkapi dengan kapsul Crew Dragon yang dioperasikan secara otonom bernama Endeavour, dijadwalkan untuk lepas landas pada pukul 12:34 pagi EST (05:34 GMT) dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida.

Empat kru tersebut diharapkan tiba di ISS, yang berjarak sekitar 250 mil (420 km) di atas bumi, sekitar 25 jam setelah peluncuran, pada Jumat pagi, 3 Maret.

Upaya awal pada Senin 27 Februari  untuk mengirim kru ke luar angkasa dibatalkan kurang dari tiga menit sebelum waktu lepas landas ketika tim peluncuran mendeteksi masalah dalam aliran cairan pengapian mesin yang digunakan untuk memulai penggerak utama roket. NASA mengatakan masalah itu dapat diperbaiki dengan mengganti filter yang tersumbat dan membersihkan sistem.

NASA mengatakan pada Rabu 1 Maret bahwa misi tersebut "siap" untuk diluncurkan dengan peluang cuaca yang menguntungkan sebesar 95%.

"Semua sistem terlihat baik untuk peluncuran, meskipun tim masih memantau cuaca sepanjang jalur naik pesawat antariksa," kata SpaceX di Twitter.

Misi Crew 6, menandai tim ISS jangka panjang keenam yang NASA terbangkan bersama SpaceX sejak perusahaan roket swasta yang didirikan oleh Musk - CEO miliarder pembuat mobil listrik Tesla Inc  dan platform media sosial Twitter - mulai mengirim astronot Amerika ke orbit pada Mei 2020.

Tim ISS terbaru dipimpin oleh komandan misi Stephen Bowen, 59 tahun, seorang mantan perwira kapal selam Angkatan Laut AS yang telah melakukan lebih dari 40 hari di orbit sebagai veteran dari tiga penerbangan pesawat ulang alik dan tujuh perjalanan ke antariksa.

Rekan astronot NASA Warren "Woody" Hoburg, 37, seorang insinyur dan pilot komersial yang ditunjuk sebagai pilot Crew 6, akan membuat penerbangan luar angkasa pertamanya.

Crew 6 juga menonjol karena termasuk astronot UAE Sultan Alneyadi, 41, hanya orang kedua dari negaranya yang terbang ke luar angkasa dan orang pertama yang diluncurkan dari tanah AS sebagai bagian dari tim stasiun luar angkasa jangka panjang.

Seorang kosmonot Rusia bernama Andrey Fedyaev, 42 tahun, akan menjadi anggota Crew 6 untuk misi penelitian enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Seperti Alneyadi, Fedyaev adalah seorang insinyur dan pendatang baru dalam penerbangan antariksa yang ditunjuk sebagai spesialis misi untuk tim tersebut.

Fedyaev adalah kosmonot terbaru yang terbang dengan pesawat luar angkasa Amerika Serikat dalam perjanjian ride-sharing yang ditandatangani pada Juli oleh NASA dan Badan Antariksa Rusia Roscosmos, meskipun tegangnya hubungan antara Washington dan Moskow terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Tim Crew 6 akan disambut di stasiun ruang angkasa oleh tujuh awak ISS saat ini - tiga anggota kru NASA Amerika Serikat, termasuk komandan Nicole Aunapu Mann, wanita asli Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa, bersama dengan tiga orang Rusia dan seorang astronaut Jepang.

ISS, stasiun sepanjang lapangan sepak bola dan menjadi objek buatan manusia terbesar di luar angkasa, telah dioperasikan secara kontinu selama lebih dari dua dekade oleh konsorsium yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Rusia, yang melibatkan Kanada, Jepang, dan 11 negara Eropa.

Stasiun ini diawali sebagai usaha untuk memperbaiki hubungan antara Washington dan Moskow setelah runtuhnya Uni Soviet dan berakhirnya persaingan masa Perang Dingin yang melahirkan perlombaan antariksa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pada tahun 1950-an dan 1960-an.