Bagikan:

JAKARTA - Selama acara tahunannya, Connect 2023, Meta mengungkapkan banyak sekali pengumuman. Salah satunya adalah peluncuran headset realitas campuran (MR), Meta Quest 3.

Raksasa teknologi miliki Mark Zuckerberg itu mengumumkan bahwa Meta Quest 3 akan diluncurkan pada 10 Oktober, dan pre-order telah dibuka sekarang.

Headset realitas campuran pasar massal pertama di dunia ini akan dibanderol dengan harga mulai dari 499,99 dolar AS (Rp7,7 juta) untuk versi 128GB dan 649,99 dolar AS (Rp10 juta) untuk kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu 512GB.

Embed: https://twitter.com/MetaNewsroom/status/1707089736077365533?t=j8cZfkcuTSwY6wc1-1gbWA&s=19

Headset realitas virtual ini menghadirkan pengalaman imersif seperti realitas virtual, sekaligus menghadirkan juga pengalaman dunia fisik.

"Kami yakin Anda tidak harus memilih di antara keduanya. Itu sebabnya Meta Quest 3 menghadirkan terobosan realitas campuran yang memungkinkan spektrum pengalaman," tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Untuk bertransisi dengan mulus antara pengalaman yang benar-benar imersif dan lingkungan campuran dengan elemen virtual yang dihamparkan di lingkungan fisik, Anda hanya perlu mengetuk dua kali sisi headset Meta Quest 3.

Dengan kekuatan pemrosesan grafis dua kali lipat dari Quest 2, Quest 3 adalah perangkat pertama di dunia yang menampilkan platform Snapdragon XR2 Gen 2 baru yang dikembangkan melalui kolaborasi dengan Qualcomm Technologies.

Dengan Snapdragon XR Gen 2 ini, waktu muat menjadi lebih cepat, dan detail dalam gim imersif menjadi lebih tajam dibandingkan perangkat sebelumnya.

Quest 3 dilengkapi dengan layar 4K+ Infinite lebih tinggi hampir 30 persen dalam resolusi dibandingkan Meta Quest 2. Selain itu, tumpukan optik lensa pancake generasi berikutnya memberi Quest 3 profil optik 40 persen lebih ramping dibandingkan Quest 2 tanpa mengurangi kedalaman perendaman visual Anda.